Anggaran Dana PAM Pilkada 2020 untuk Polres Babar Rp 2,6 M

Chairul Aprizal    •    Rabu, 22 Januari 2020 | 13:59 WIB
Lokal
Raker KPU Bangka Barat di Ruang OR 1 Pemkab Bangka Barat, Selasa (21/1/2020).(rul/wb)
Raker KPU Bangka Barat di Ruang OR 1 Pemkab Bangka Barat, Selasa (21/1/2020).(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com --  Pj Sekda Kabupaten Bangka Barat, M Effendi mengungkapkan dana pelaksanaan Pilkada 2020 yang saat ini masih nyangkut hanya tinggal dana untuk pengamanan.

"Kalau untuk KPU dan Bawaslu ini sudah clear, tapi gak tau nanti dibilang kurang lagi, tapi yang jelas sudah clear kita gak tau kedepan, yang belum adalah untuk pengamanan," ungkap Effendi, Rabu (22/1/2020).

Effendi mengatakan dana pengamanan Polres dan Kodim belum masuk di anggaran induk tapi dipastikannya Januari sudah masuk melalui anggaran.

Dijelaskan Kepala BPKAD Kabupaten Bangka Barat Abimanyu dana pengamanan Pilkada tahun 2020 masih dibahas TAPD.

"Pengamanan masih dibahas oleh TAPD. Itu untuk pengamanan, bukan nyangkut maksudnya, diverifikasi oleh Pol PP, dan nanti bentuknya hibah," jelas Abimanyu, Rabu (22/01/2020).

Hingga saat ini pihak yang sudah mengajukan proposal untuk kebutuhan pengamanan yakni Polres Bangka Barat yang meminta sekitar Rp 2,6  miliar.

"Ajuan proposal hampir Rp 2,6 M, karena hibah nanti penandatangan NPHD dulu setelah itu baru proses pencairan,” teranga Abimanyu.

Dana miliaran rupiah tersebut dibutuhkan untuk melancarkan operasional PAM selama Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat 2021-2025 dalam Pilkada 2020.

"Untuk operasional pengamanan Pilkada bagi Polres, untuk Kodim baru diajukan masih diverifikasi Pol PP," imbuh Abimanyu.

Dana PAM tersebut bisa jadi akan bertambah, lantaran Rp 2,6 miliar hanya untuk Polres Bangka Barat belum termasuk Kodim 0431/Bangka Barat.

"Belum termasuk Kodim, kurang lebih sebesar itu la karena memang proposal yang diajukan sudah sesuai standar yang seharusnya," tutur Abimanyu.

Ditambahkan Abimanyu, dana pengamanan tersebut sesuai dan wajar karena pengamanan dilaksanakan lebih dari satu tahun.(rul/wb)

Halaman