Dinas Perikanan Ajukan Rp1,3 Milyar Alat Tangkap ke Pusat

Dwi H Putra    •    Rabu, 29 Januari 2020 | 19:33 WIB
Lokal
A Syafran, Kadis Perikanan Bangka. (Dwi HP/wowbabel)
A Syafran, Kadis Perikanan Bangka. (Dwi HP/wowbabel)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Dinas Perikanan Kabupaten Bangka mengajukan bantuan alat tangkap kepada nelayan ke pusat, pengajuan tersebut melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 1,3 Milyar. 

"Pengajuan melalui DAK mencapai Rp 1,3 Milyar lebih untuk bantuan alat tangkap, bentuknya adalah kapal dan jaring untuk nelayan melaut," kata Kepala Dinas Perikanan Bangka, A Syafran di Sungailiat, Rabu (29/1/2020). 

"Saat ini proses tender belum tahu nanti dapat berapa pastinya," ujarnya. 

Lanjutnya tidak hanya mengajukan peralatan bagi nelayan melaut, Dinas Perikanan Bangka melalui anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) juga mengupayakan pengajuan untuk budidaya perikanan pengembangan Balai Benih Ikan (BBI) Sungailiat dengan kolam percontohan ikan nila.

"Bantuan juga akan diberikan kepada petani budidaya melalui kelompok usaha bersama," jelas Syafran. 

"Melalui APBN kami usulkan untuk sepuluh kelompok, tetapi nanti disalurkan dalam bentuk peralatan lewat koperasi perikanan," paparnya.  

Ditambahkannya untuk usulan ke pusat baik alat tangkap melalui DAK maupun pembinaan petani budidaya perikanan melalui APBN telah diusulkan pada tahun lalu, yang mana di tahun 2019 lalu didapat tiga unit alat tangkap bantuan dari pusat. 

"Mudah-mudahan tahun ini lebih banyak, supaya nelayan dan kelompok usaha masyarakat bisa lebih berkembang lagi," pungkasnya. (Dwi HP/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL