Kurau Timur dan Perlang Bakal Jadi Desa Wisata Rintisan

Herdian wow    •    Jumat, 07 Februari 2020 | 09:13 WIB
Lokal
Kabid Pariwisata Disbudparpora Bateng, Zulfan.(her/wb)
Kabid Pariwisata Disbudparpora Bateng, Zulfan.(her/wb)

KOBA, www.wowbabel.com -- Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), berencana akan mengembangkan konsep desa wisata rintisan di Bateng.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kabid Pariwisata Disbudparpora Bateng, Zulfan mengatakan jika pihaknya sudah mengkaji desa wisata dengan beberapa indikator, seperti memiliki daya tarik wisata alam, keunikan budaya, dan memiliki lebih dari satu atau dua destinasi.

"Rencananya yang akan kita dorong menjadi desa wisata rintisan adalah Desa Kurau Timur yang ada di Kecamatan Koba dan Desa Perlang yang berada di Kecamatan Lubuk Besar, " ungkap Zulfan, Kamis (06/02/2020).

Kenapa dua desa tersebut jadi prioritas dikarenakan sudah memiliki usaha pariwisata yang berbasis pemberdayaan masyarakat, dan kesiapan potensi.

Dan menurutnya yang membedakan antara desa biasa dan desa wisata, di desa wisata terdapat homestay, sehingga dengan homestay diharapkan waktu kunjungan wisatawan bisa lebih lama.

"Yang dulunya tidak bisa nginep, dengan adanya homestay wisatawan bisa bermalam, dan mengunjungi tempat wisata lainnya yang berada di sekitar desa wisata tersebut," terangnya.

Ia juga menargetkan jika dengan adanya desa wisata, kunjungan di sekitar desa wisata tersebut juga akan terdongkrak, seperti jika di Desa Perlang diharapkan kunjungan di daerah Tanjung Berikat juga akan terdongkrak.

Demi menunjang program desa wisata rintisan ini, ia juga mengatakan perlu melakukan pengembangan dari segi SDM, sehingga akan diberikan tujuh paket pelatihan, seperti pelatihan Pokdarwis, pelatihan pemandu wisata selam, tata kelola homestay, pemandu wisata alam, dan pemandu wisata budaya.(her/wb)



MEDSOS WOWBABEL