Pada Peringatan HPN, Jokowi Sampaikan Transformasi dan Hilirisasi

Aston    •    Rabu, 12 Februari 2020 | 15:21 WIB
Nasional
Presiden RI, Joko Widodo.(ist)
Presiden RI, Joko Widodo.(ist)

BANJARMASIN,www.wowbabel.com -- Hari Pers Nasional (HPN) 2020  jadi momentum penting bagi Presiden, Joko Widodo untuk menyampaikan agenda penting negara kepada ribuan insan pers untuk mewujudkan Indonesia Maju.

"Saat ini pemerintah sedang menjalankan berbagai agenda penting untuk mewujudkan Indonesia maju," ujar Joko Widodo, di Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) beberapa waktu yang lalu.

Dalam pidatonya di hadapan ribuan insan pers, Joko Widodo menyampaikan beberapa agenda penting negara baik yang sudah berjalan maupun akan dilaksanakan pada lima tahun kedepan. Diantaranya, pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia dan penyederhanaan regulasi.

"Pembangunan  infrastruktur yang terus akan kita lanjutkan, pembangunan sumber daya manusia, penyederhanaan regulasi yang nanti akan kita lihat bersama setelah omnibus law, " kata Joko Widodo.

Lebih lanjut Prediden menegaskan akan melakukan reformasi birokrasi besar-besaran dan tak kalah penting persoalan ekonomi yang disebut Presiden sebagai transformasi ekonomi. Langkah transformasi ekonomi dengan mengembangkan kawasan industri hilirisasi.

"Kemudian reformasi birokrasi dan transformasi ekonomi yaitu hiliriasi industrisiasi dan terakhir pemindahan ibu kota.  Negara dan pemerintah sangat serius percepatan pindahnya ibukota," imbuhnya.

Salah satu kawasan pengembangan industri ada di Provinsi Bangka Belitung (Babel), yakni di Sadai Kabupaten Bangka Selatan (Basel).

Kawasan Industri Sadai yang kini tengah tahap pengembangan dan telah jadi agenda program strategis nasional (PSN) akan difokuskan oleh negara pada industri hilirasi sumber daya alam.(as/wb)

Halaman