Gaji Guru Honor di Babar Belum Cair, Ini Jawaban BPKAD Babar

Kepala BPKAD Bangka Barat, Abimanyu.(rul/wb)
Kepala BPKAD Bangka Barat, Abimanyu.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Kabid Perbendaharaan BPKAD Kabupaten Bangka Barat menyebutkan baru sebagian Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bangka Barat yang telah mengajukan pencairan gaji bagi PHL.

"Pengajuan pembayaran gaji PHL (Pegawai Harian Lepas-red) setiap bulan" kata Kabid PerbendaharaanBPKAD Bangka Barat, Ferdinan, Kamis (13/02/2020).

Ferdinan mengungkapkan sebanyak 14 OPD yang telah mengajukan gaji PHL bulan Januari 2020. Dan masih tersisa 16 OPD di lingkungan Pemkab Bangka Barat yang belum mengajukan gaji PHL awal tahun ini.

"Gaji bulan Januari saja yang sudah diajukan OPD, Dinas Pendidikan belum mengajukan pencairan," imbuhnya.

Ferdinan menjelaskan pengajuan gaji PHL ataupun GTT (Guru Tidak Tetap), dan PTT (Pegawai Tidak Tetap) itu dilaksanakan setiap bulan, namun untuk awal tahun disertai evaluasi kinerjanya.

"Setiap OPD biasanya menyampaikan evaluasi kinerja PHL dan mempersiapkan kontrak kerja setiap tahun," terangnya.

Kabid Perbendaharaan BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah) menyebutkan yang membuat evaluasi kinerja tersebut adalah Kepala Dinas masing-masing.

Kepala BPKAD Bangka Barat, Abimanyu, menambahkan jika pihaknya siap mencairkan gaji PHL, GTT, dan PTT apabila OPD masing-masing sudah mengajukan.

"Sebagian OPD masih evaluasi kinerja PHL, kalau BPKAD apabila sudah ada pengajuan maka akan dicairkan,"ujarnya.

Abimanyu mengatakan sebagian PHL, dan guru honorer yang hingga kini gaji bulan Januari belum cair lantaran OPD belum mengajukan.

"Karena pencairan sudah bisa, cuma pengajuan dari OPD yang belum karena masih evaluasi. Dan sudah ada beberapa OPD yang mencairkan gaji PHL karena sudah selesai evaluasi," tambahnya.

Diungkapkan Abimanyu, guru honor yang saat ini belum mendapatkan gajinya lantaran Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga belum mengajukan.

"Belum ada pengajuan dari Dikpora, tapi prinsipnya sudah bisa cair tergantung OPD mengajukan bila sudah selesai evaluasi," tukasnya.(rul/wb)



MEDSOS WOWBABEL