Mulkan Tak Tahu Ada Tambang Berskala Besar di Tanjung Ratu

Dwi H Putra    •    Kamis, 13 Februari 2020 | 21:33 WIB
Lokal
Bupati Bangka, Mulkan SH MH.(dwi/wb)
Bupati Bangka, Mulkan SH MH.(dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Bupati Bangka, Mulkan SH MH didampingi Sekda Bangka, Andi Hudirman usai meninjau perbaikan pengolahan limbah di PT BAA Kelurahan Kenanga, mendatangi lokasi tambang timah berskala besar dibibir Pantai Tanjung Ratu, Desa Rebo, Kecamatan Sungailiat.

"Berdasarkan adanya laporan dari masyarakat, di Pantai Tanjung Ratu ada aktivitas pertambangan timah berskala besar dari mitra PT Timah yakni CV Timbus Jaya," kata Mulkan kepada sejumlah wartawan di Pantai Tanjung Ratu, Kamis (13/2/2020).

"Bedasarkan laporan tersebut, kami sebagai pemerintah daerah harus mengetahui aktivitas tambang itu, apalagi masuk wilayah Kabupaten Bangka," ujarnya.

Mulkan menjelaskan pertambangan timah ini memiliki perizinan dari PT Timah tbk, tetapi ketika Sekda Bangka mengkroscek ke pihak camat dan desa, pihak terkait tidak mengetahui adanya aktifitas pertambangan timah berskala besar di Pantai Tanjung Ratu ini.

"Kami juga ingin tahu kategorinya apakah tambang jenis darat atau kah tambang laut," paparnya.

"Kami tidak melarang aktivitas tambang, namun harus mengikuti kaedah-kaedah yang berlaku dalam pertambangan," tandas Mulkan.

Selain itu ditambahkannya pertambangan berskala besar ini sudah berjalan sekitar 4 sampai 5 bulan yang lalu, sedangkan dirinya selaku Kepala Pemerintah Daerah Bangka tidak mengetahui adanya tambang berskala besar tersebut.

"Kedatangan kami ini hanya untuk memastikannya saja, jangan sampai ada masyarakat pro dan kontra, sedangkan pemerintah daerah sendiri tidak tahu atas aktivitas tambang itu," paparnya.

"Apalagi kalau ketidaktahuan itu dapat berdampak fatal bagi kami, kami tidak mau hal tersebut terjadi," ungkapnya.

Mulkan menambahkan, jika adanya pertambangan di bibir pantai, dikhawatirkan masyarakat yang lainnya dapat ikut-ikutan untuk memberlakukan hal yang serupa, karena sudah diawali dan dimulai oleh pertambangan ini.

"Wilayah Bangka memiliki zona-zona yang telah ditentukan, mana wilayah yang boleh ditambang dan mana yang tidak diperbolehkan," ujar Mulkan.

"Kami akan memanggil PT Timah Tbk dan mengkonfirmasikan pihak PT Timah mau pun Pemerintah Provinsi Bangka Belitung tentang sejauh mana pengeluaran izin tambang didekat bibir Pantai Tanjung Ratu ini," pungkasnya. (dwi/wb)

Halaman