Dinas PUPR Babar Belum Keluarkan Rekomendasi untuk Usaha Tambak Udang

Chairul Aprizal    •    Jumat, 14 Februari 2020 | 15:05 WIB
Lokal
Jalannya  mediasi perdamaian dua investor di Gedung DPRD Bangka Barat.(rul/wb)
Jalannya mediasi perdamaian dua investor di Gedung DPRD Bangka Barat.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bangka Barat, Suharli, menyebutkan dari segi tata ruang PT CBS (Cahaya Samudra Bangka) yang mengelola tambak udang di Desa Cupat belum mendapat rekomendasi dari PT Timah Tbk lantaran berada di kawasan IUP.

"Intinya antara perusahaan tambak dengan tambang itu, jadi kami minta mereka berkonsultasi dulu antara punya tambak ini ke IUP Timah," ungkap Suharli, Kamis (13/02/2020).

Suharli tidak akan mengeluarkan rekomendasi tata ruang sebelum pihak perusahaan tambak udang berkoordinasi dengan pemilik IUP yaitu PT Timah Tbk.

Sementara itu Kepala Badan Lingkungan Hidup Bangka Barat, Ridwan menyatakan persoalan ini belum sampai ke pihaknya dan masih jauh ranahnya. PT Cahaya Samudra Bangka prosesnya belum sampai diperizinan,  baru menuju rekomendasi tata ruang dan surat izin IUP Timah.

"Kapasitas kami di LH apalagi jauh, ketika tata ruang belum selesai maka ranah ini belum ranah LH," imbuh Ridwan.

Ridwan menerangkan yang menjadi ranah pihaknya adalah pemanfaatan, pemantauan, dan pengawasan.

"Dokumen izin lingkungannya sudah ada berupa amdal, UKL/UPL kah, maka berdasarkan aturan enam bulan sekali kami awasi kami pantau. Tetapi dalam kasus ini permasalahannya, permasalahan perizinan yang kami sampaikan," tukasnya.(rul/wb)

Halaman