Investor Abaikan Izin Lingkungan, Ridwan Salahkan Sistem OSS

Jalannya  mediasi perdamaian dua investor di Gedung DPRD Bangka Barat.(rul/wb)
Jalannya mediasi perdamaian dua investor di Gedung DPRD Bangka Barat.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Barat Ridwan mengungkapkan kekurangan sistem OSS (One Single Submission—red) Dinas Satu Pintu dalam perizinan investasi.

Ridwan mengatakan penyebab pihak tambak udang PT Cahaya Samudra Bangka sudah melakukan operasi disaat belum ada izin itu lantaran satu pintu menggunakan sistem OSS (One Single Submission).

"Jadi setelah didaftarkan di OSS ini itu mereka mendapatkan surat izin perusaha bagi yang lain-lainnya itu sesuai dengan fitur yang ada di dalam OSS. Ini maka mereka versi OSS ini diperkenankan memulai kegiatan ini," jelas Ridwan, Kamis (13/02/2020) di Gedung Mahligai Betason DPRD Bangka Barat.

Akan tetapi terdapat komitmen dengan jangka waktu enam bulan pihak perusahaan harus segera mengurusi semua perizinannya.

"OSS ini kan alam maya, nah diberi kesempatan enam bulan bilamana enam bulan tidak selesai maka mereka akan mengajukan kembali perizinan itu," ujarnya.

Ridwan menyebutkan kelemahannya ketika orang mendaftar di OSS lantaran belum ada fitur yang mengkoneksikan lokasi usaha dengan tata ruang wilayah.

"Terjadilah seperti tadi, lokasi yang diajukan usaha itu ternyata tumpang tindih dengan usaha lainnya," imbuh  Ridwan.

Ridwan menuturkan apabila pihak perusahaan lebih dulu menyelesaikan dokumen perizinan baik itu Amdal, atau UKL/UPL terlebih dahulu sebelum beroperasi kemungkinan masalah seperti ini tidak terjadi.

"Seandainya, saya berkeyakinan apa yang terjadi di Cupat ini tidak terjadi. Karena dalam pembahasan dokumen lingkungan itu semuanya dibahas kami tanya tambak ini menggali atau timbun, atau membendung misalnya kan, termasuk antisipasi hujan, semua itu akan dipertanyakan," katanya.

Ditambahkan Ridwan, gara-gara sistem OSS ini membuat operasi para investor tidak lagi lebih mengutamakan dokumen lingkungan agar seperti tanggul jebol atau masalah lainnya tidak terjadi.(rul/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE