Bawaslu Basel Awasi Tujuh Potensi Pelanggaran Syarat Dukungan Calon Independen

Aston    •    Jumat, 28 Februari 2020 | 14:01 WIB
Pilkada
Suasana proses verifikasi berkas calon kepala daerah di KPU Basel. (Astoni/wowbabel)
Suasana proses verifikasi berkas calon kepala daerah di KPU Basel. (Astoni/wowbabel)

TOBOALI, www.wowbabel.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Selatan (Basel) tengah melakukan verifikasi administrasi syarat dukungan pasangan bakal calon independen Kodi-Rusliadi. Bawaslu Basel mengatakan terdapat tujuh potensi pelanggaran dan jadi fokus pengawasan Bawaslu. 

"Terdapat tujuh potensi dan jadi fokus pengawasan yang akan dilakukan Bawaslu dalam proses verifikasi administrasi syarat dukungan perorangan sebagaimana yang terdapat dalam Pasal 18 ayat (2) PKPU 18 Tahun 2019," kata Azhari Koordinator Divisi Pengawasan, Pencegahan Humas dan Hubal (PHHL) Bawaslu Basel, Jumat (28/2/2020). 

Ia menyampaikan ketujuh poin pengawasan Bawaslu tersebut, pertama memastikan kesesuaian NIK, nama, JK, TTL serta Alamat antara B.1-KWK dengan KTP-El, kedua memastikan bahwa pendukung terdapat dalam DPT atau DP4, ketiga memastikan kesesuaian antara alamat pendukung dengan daerah pemilihan.

Keempat memastikan kesesuaian alamat pendukung dengan wilayah adminisrtrasi PPS, kelima memastikan pemenuhan syarat usia dan status perkawinan pendukung.

"Keenam memastikan status pekerjaan pendukung guna memastikan syarat pendukung, dan terakhir memastikan tidak adanya dukungan ganda," tuturnya.



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL