Biaya DL Pejabat Pemprov Babel Berpeluang Turun

Naziarto, Sekda Pemprov Kepulauan Bangka Belitung. (Dwi HP/wowbabel)
Naziarto, Sekda Pemprov Kepulauan Bangka Belitung. (Dwi HP/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Biaya perjalanan dinas luar (DL) pejabat di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berpeluang turun. Hal ini mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 33 Tahun 2020 tentang Standar Harga Satuan Regional yang baru saja diterbitkan.

"Kami belum bisa membeberkan lebih lanjut lantaran pihaknya belum menerima petunjuk teknis (Juknis) dari pepres tersebut, juknis biasanya menyesuaikan keuangan daerah masing-masing," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Babel, Naziarto di Pangkalpinang, Kamis (5/3/2020).

"Apa yang dilakukan pemerintah pusat itu pasti ada juknisnya, kami terima dulu juknisnya itu baru nanti dikuti," ujarnya. 

Dijelaskannya standar harga satuan regional dalam perpres ini mencakup sejumlah hal, dirinci dalam Pasal 1 ayat 2 yang meliputi  satuan biaya honorarium, satuan biaya perjalanan dinas dalam negeri, satuan biaya rapat/pertemuan di dalam dan di luar kantor, satuan pengadaan kendaraan dinas dan  satuan biaya pemeliharaan.

Di sisi lain, ada poin yang menyebutkan satuan harga ini nanti akan disesuaikan dengan kemampuan daerah atau APBD. 

"Ya, akan kami ikuti dan sesuaikan dengan kemampuan daerah, jika daerah mampu atau keuangannya memadai, lihat saja nanti," jelas Naziarto.



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL