Harpandi: KPU Gugurkan Paslon Jika Terlibat Masalah Hukum

Kordiv Teknis Penyelenggara KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Bangka Barat Harpandi (paling kanan--red).(rul/wb)
Kordiv Teknis Penyelenggara KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Bangka Barat Harpandi (paling kanan--red).(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com  -- Kordiv Teknis Penyelenggara KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Bangka Barat Harpandi menyatakan KPU tidak bisa serta merta menggugurkan pasangan calon.

Disaat acara jumpa pers di Kopitiam Muntok, Kamis (05/03/2020), Harpandi mengungkapkan KPU tidak pernah menggugurkan pasangan calon, namun hal itu bisa saja terjadi.

Harpandi menjelaskan untuk ditetapkan sebagai pasangan calon, para bakal calon harus melengkapi dulu administrasi dan aturan yang ditetapkan penyelenggara sebagai syarat mencalonkan diri.

"Kita melihat dulu administrasi mereka mencukupi atau tidak," ungkap Harpandi.

Harpandi menuturkan pasangan calon bisa digugurkan jika saat telah ditetapkan sebagai pasangan calon ternyata terlibat masalah hukum atau tindak pidana.

"Persoalan menggugurkan nanti ketika sudah ditetapkan sebagai pasangan calon," imbuh Harpandi.

"Saat sudah ditetapkan tahu-tahu terkena kasus hukum, kalau memang dia terlibat sebagai tindak pidana, bagaimana kita mau menyelenggarakan pemilu kalau dia sedang terkena kasus hukum," jelas Harpandi.

Harpandi menyebutkan pasangan calon akan diikat dengan penandatanganan integritas sebagai pasangan calon yang akan ikut dalam pemilihan umum.

"Nanti ada penandatanganan integritas dari pasangan calon," tukas Harpandi.(rul/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL