Bapemperda DPRD Babel Ajukan Dua Raperda

Amri Cahyadi (Wakil Ketua DPRD Babel), Abdul Fattah (Wakil Gubernur Babel), Nico Plamonia Utama (Ketua Bapemperda DPRD Babel). (Dwi HP/wowbabel)
Amri Cahyadi (Wakil Ketua DPRD Babel), Abdul Fattah (Wakil Gubernur Babel), Nico Plamonia Utama (Ketua Bapemperda DPRD Babel). (Dwi HP/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengajukan dua rancangan peraturan daerah (Raperda) inisiatif, yakni Raperda tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan serta Raperda tentang Penyelenggaraan Perhubungan. 

"Permasalahan utama yang dihadapi dalam penyelenggaraan peternakan di Babel adalah ketiadaan pengaturan yang secara teknis dapat dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan peternakan," kata Ketua Bapemperda DPRD Babel, Nico Plamonia Utama di Pangkalpinang, Jumat (6/3/2020). 

Menurutnya, permasalahan tersebut dapat diatasi salah satunya dengan membentuk peraturan daerah tentang penyelenggaraan peternakan, perlunya Raperda tentang Penyelenggaraan Peternakan dikarenakan selain tidak adanya pengaturan pada level peraturan daerah, juga karena pada aspek sosiologis ada beberapa kondisi masyarakat yang membutuhkan pengaturan pada tingkat peraturan daerah. 

"Misalnya dalam hal perlindungan dari kegiatan curang, eksploitasi ataupun kegiatan-kegiatan lain yang dapat merugikan peternak, khususnya peternak kecil, yang itu hanya dapat diatur dalam peraturan daerah," ujarnya. 

"Dengan ketiadaan peraturan daerah, kebijakan penyelenggaraan peternakan masih bersifat pasif menyesuaikan peraturan nasional tanpa dapat melakukan terobosan- terobosan kebijakan yang dapat melindungi maupun mengakselerasi penyelenggaraan peternakan," jelas Nico. 

Lebih lanjut dijelaskannya, sebagai landasan filosofis penyelenggaraan peternakan adalah sesuai dengan amanat sila ke-5 Pancasila, yang sejalan juga dengan Pasal 33 Undang-Undang Dasar 1945 bahwa bumi, air dan kekayaan yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL