Hadapi Virus Corona Tak Perlu Panik, Tingkatkan PHBS

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Bangka Barat M Putra Kusuma.(rul/wb)
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Bangka Barat M Putra Kusuma.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com --  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka Barat menyampaikan masyarakat tak perlu panik dengan wabah virus corona yang saat ini sudah menghantui masyarakat dunia.

"Seperti yang kita baca dari modul-modul yang tersedia dari Kementerian Kesehatan penularannya melalui droplet," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Bangka Barat M Putra Kusuma, Senin (09/03/2020).

Anggota IAKMI (Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia) Kabupaten Bangka Barat ini menyebutkan virus ini bisa menular dimana saja tidak ada batasan tempat, di dalam atau di luar ruangan, ber-Ac atau tidak ber-AC.

"Tetapi penguatan yang perlu dilakukan masyarakat adalah yang pertama tidak panik menghadapi ini karena pemerintah daerah sudah sangat siap untuk menghadapinya," tegas Putra.

Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Barat akan melakukan tindakan Germas, masyarakat diminta intensif mencuci tangan, dan menghindari kerumunan masyarakat banyak.

"Kemudian segera melaporkan ke puskesmas atau rumah sakit bila merasa dirinya merupakan faktor risiko,” tutur Putra.

"Misalnya dia baru pulang dari satu daerah terjangkit pulang ke sini sebelum masa waktu 28 hari dia merasa batuk pilek panas diatas 38 derajat kemudian dengan pneumonia berat, sesak nafas segera ke rumah sakit atau puskesmas," terang Putra.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Achmad Syaifuddin mengungkapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) masyarakat Bangka Barat masih begitu rendah.

"Jangan sampai masyarakat beranggapan kita tidak sigap, kita tidak tanggap, tidak antisipatif pada kasus ini. Padahal kita sudah bergerak, petugas surveilans juga sudah memantau," kata Achmad.

Achmad mengungkapkan warga Bangka Belitung yang pergi keluar selalu dilaporkan ke pihaknya tapi bersifat rahasia.

"Pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit kemudian dia pernah punya riwayat kontak dengan yang sakit seperti itu," imbuh Achmad.

Achmad mengimbau masyarakat Bangka Barat agar dapat meningkatkan pola PHBS mulai sekarang.

"Cuci tangan jangan lupa karena itu bagian dari pola hidup bersih dan sehat,” tukas Achmad.(rul/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL