4 Desa di Beltim Deklarasi Stop BAB Sembarangan

Penandatanganan deklarasi Deklarasi Desa ODF (Open Defecation Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan di desa Jangkar Asam. (Ist)
Penandatanganan deklarasi Deklarasi Desa ODF (Open Defecation Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan di desa Jangkar Asam. (Ist)

GANTUNG, www.wowbabel.com - Bertempat di Desa Jangkar Asam Kecamatan Gantung, Senin (16/03/2020) dilaksanakan Deklarasi Desa ODF (Open Defecation Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan.

Acara ini dihadiri oleh Asisten I Bupati Bidang Pemerintahan dan Sosial, Sayono, Sekretaris Dinas Kesehatan, Febby Sandranita, Camat se-Kabupaten Belitung Timur, Tokoh Agama dan masyarakat. 

Dalam kesempatan tersebut, Camat Gantung, Yusmawandi biasa akrab dipanggil Wandi meminta desa yang sudah ODF melaksanakan program dengan baik. 

"Di Gantung sudah 4 Desa melaksanakan deklarasi stop buang air besar sembarangan dan kami minta desa yang sudah ODF betul-betul melaksanakan program ini," jelas Wandi. 

Wandi juga berharap masyarakat di Desa jangkar asam jaga keluarga dengan baik jangan dibiarkan berkeliaran untuk sekarang ini. 

"Saya mengharapkan kegiatan ini dapat menjadi momen untuk masyarakat agar mencintai kebersihan dengan tidak melakukan buang air besar sembarangan dan kami minta kesadaran semua masyarakat untuk hidup bersih lingkungan, jaga keluarga dengan baik jangan dibiarkan berkeliaran untuk saat ini," kata Wandi. 

Selanjutnya Bupati Belitung Timur yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Sosial, Sayono menjelaskan Dengan perubahan perilaku hidup bersih dan sehat mewujudkan desa menuju STBM (Sanitasi Total Berbasis masyarakat), Deklarasi ODF sebenarnya pilar pertama dari STBM, selain empat pilar lainnya yaitu Cuci tangan pakai sabun, pengolahan makanan dan minuman rumah tangga pengolahan sampah rumah tangga serta pengolahan limbah cair rumah tangga. 



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL