Cegah Covid-19, Bawaslu Terapkan Pencegahan di Kantor

Pemeriksaan suhu tubuh pegawai Bawaslu Babel menggunakan Thermal Scanner. (Dwi HP/wowbabel)
Pemeriksaan suhu tubuh pegawai Bawaslu Babel menggunakan Thermal Scanner. (Dwi HP/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Antisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menerapkan mekanisme pencegahan di Lingkungan Kantor Bawaslu. 

Terdapat tiga poin utama yang harus dilakukan jajaran Sekretariat Bawaslu Babel, diantaranya pembersihan fasilitas umum, kebersihan tangan dengan menggunakan hand sanitizer atau pembersih tangan serta pengecekan suhu badan bagi siapa saja yang akan masuk ke gedung Bawaslu.

"Mekanisme ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus terutama di lingkungan Bawaslu Babel, juga merupakan arahan dari Bawaslu RI, jangan sampai apa yang dikhawatirkan terjadi, jadi kami buat peraturan seperti ini," kata Kepala Sekretariat Bawaslu Babel, Roy Maryuna Siagian di Pangkalpinang, Selasa (17/3/2020). 

"Pembersihan ini dilakukan dengan menggunakan hand sanitizer jenis alkohol terutama pada waktu aktivitas padat di pintu masuk, serta memeriksa suhu tubuh," ujarnya. 

Ia menjelaskan bagi setiap orang wajib mencuci tangan dengan sabun dan air atau pencuci tangan sebelum memasuki lingkungan gedung Bawaslu Babel. 

Setiap pegawai wajib melakukan pengecekan suhu badan sebelum memasuki lingkungan gedung Bawaslu Babel, apabila pada pemeriksaan terdeteksi suhu badan lebih dari 38 derajat celcius, maka disarankan untuk istirahat di rumah dan memeriksakan diri di fasilitas pelayanan kesehatan.

"Bagi yang memiliki suhu badan kurang dari 38 derajat celcius dan mengalami batuk atau pilek, tidak diperbolehkan memasuki lingkungan gedung Bawaslu Babel," ungkapnya.

"Mekanisme yang dilakukan ini merupakan respon sigap dari Bawaslu Babel dalam menangani Covid-19 yang sedang marak," pungkas Roy. (Dwi HP/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL