Berakhir Ricuh, Ini Pernyataan Mahasiswa UBB Usai Demo

Ratusan mahasiswa UBB menggelar aksi demo.(ist)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com --  Aksi demo mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) yang digelar, Kamis (19/3/2020) berakhir ricuh.

Baca Juga: Tolak Peraturan Rektor, Mahasiswa Luka-luka Adu Jotos dengan Pihak Keamanan

Ratusan mahasiswa menggelar demo untuk menolak Peraturan Rektor Nomor 2 Tahun 2019 tentang Kemahasiswaan. Semula aksi berjalan damai, namun belakangan timbul ricuh. Sejumlah mahasiswa terlibat adu jotos dengan pihak keamanan kampus.

Keributan itu dipicu saat pihak keamanan akan memadamkan api pada ban yang dibakar oleh mahasiswa. Namun mahasiswa menghadang, sehingga terjadi aksi kekerasan. Para mahasiswa membubarkan diri lantaran beberapa diantara mereka mengalami luka-luka, demikian juga dengan pihak keamanan kampus.

Usai berdemo, selain menggelar jumpa pers, pihak mahasiswa juga mengeluarkan pernyataan sikap yang disampaikan kepada beberapa media. Ini isi pernyataan sikap para mahasiswa yang dikeluarkan mahasiswa terkait aksi demo tersebut:

Kampus yang harusnya menjadi ruang untuk mewujudkan Manusia yang unggul membangun peradaban kini menjelma menjadi penjara yang dalam kehidupan berdemokrasinya justru menunjukan praktik otoriter, anti kritik dan tak memberi ruang dialektika sebagai sintesis dari perubahan ke arah perbaikan.

Dalam aksi hari ini, pihak yang harusnya bertanggung jawab penuh justru tidak hadir dan tidak bersedia menemui mahasiswa. Aksi hari ini tidak di hadiri oleh Rektor UBB dan Ketua senat yang telah menyusun dan mengesahkan peraturan ini.

Dengan ke angkuhannya Pihak birokrasi kampus, bapak ibu/orang tua dikampus yang harusnya menjadi tauladan justru melakukan hal-hal sebagai berikut :

1. Menolak segala tuntutan mahasiswa terkait peraturan rektor nomor 2 tentang kemahasiswaan

2. Melakukan intervensi dan intimidasi kepada mahasiswa yang melakukan aksi

3. Melakukan tindakan kekerasan fisik secara membabi buta untuk membubarkan mahasiswa dalam menyampaikan aspirasi.(ril/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE