Waspadai Perubahan Perilaku Anak Akibat Gadget dan Game Online

Jurnalis_Warga    •    Kamis, 19 Maret 2020 | 21:36 WIB
Opini
Heti Rukmana. (Ist)
Heti Rukmana. (Ist)

DUNIA saat ini sudah memasuki era teknologi yang amat canggih. Manusia disuguhi berbagai kemudahan dalam beraktifitas. Manusia bisa melakukan hal yang sulit bahkan dengan cara yang sangat  instan. Diera seperti ini manusia dituntun lebih aktif namun juga harus bisa mengontrol diri. penggunaan teknologi seperti gawai, gadget,tablet dll sebetulnya tetap harus dilihat sebagai inovasi positif yang membantu kehidupan sehari-hari manusia. Karena itu, teknologi tidak bisa dilihat semata sebagai sumber masalah. 

Kita tidak bisa overdiagnosis terhadap teknologi karena hal ini  pun membantu kita semua. Ada fungsi positif tapi bagaimana caranya agar kita bijaksana, itu yang penting. Saat ini Game online dan ketergantungan gadget sudah menjadi masalah pelik diindonesia terutama dikota-kota besar.hal ini harus menjadi perhatian lebih terutama orang tua terhadap pengawasan kepada anak-anak. Karena ini akan berdampak pada sisi kognitif seseoarang. Adapun gangguan kognitif akan mempengaruhi mulai dari kemampuan intelektual seseorang, tingkat perhatian, atensi, kemampuan membuat keputusan, daya ingat, hingga kapasitas membuat perencanaan.

Artinya, semua keputusan dalam hidup dia tidak terencana dengan baik, impulsif, dia bisa membuat keputusan yang tidak masuk akal dalam kehidupannya. Karena ketika anak-anak, remaja maupun dewasa sulit untuk lepas dari ketergantungannya terhadap gadget ataupun game online itu artinya mereka mengalami adiksi perilaku atau kecanduan perilaku.

DiBangka Belitung sendiri sudah terjadi beberapa kasus mengenai ketergantungan terhadap hp dan game online. dibangka barat ditemukan kasus berupa perubahan perilaku terhadap seorang remaja karena kecanduan game free fire, Sedikit contoh adiksi atau kecanduan perilaku yang dialami seorang remaja atau dewasa bisa kita lihat dimedia sosial. adiksi bisa sangat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Selain itu ciri khas remaja dan dewasa muda antara lain sangat suka dengan perhatian untuk rasa percaya dirinya.Ketika likes sedikit, mereka merasa frustrasi dan merasa ada yang salah dengan diri mereka, apakah (itu) kurang cantik, atau hidung kurang mancung. Jadi ada perasaan tidak nyaman ketika orang lain tidak menyukai apa yang mereka posting, (ini) jadi sebagai tempat pelampiasan emosi juga mencari perhatian.

Selain itu perubahan perilaku yang biasa ditunjukkan oleh seseorang yang sudah kecanduan seperti game online diantaranya rasa peduli yang sangat kurang terhadap sekitarnya bahkan terhadap dirinya sendiri, seperti malas mandi, makan, dan lain-lain. Mereka hanya terfokus terhadap game online yang mereka mainnkan. Bahkan mereka terkadang tidak bisa mengontrol emosi dengan baik



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE