Limbah Pabrik Ubi Disebut Cemari Sungai Pangkalbuluh

Aston    •    Jumat, 20 Maret 2020 | 21:50 WIB
Lokal
Warga setempat mengambil ikan-ikan yang sudah mengapung di aliran sungai Pangkalbuluh. (Aston/wowbabel)
Warga setempat mengambil ikan-ikan yang sudah mengapung di aliran sungai Pangkalbuluh. (Aston/wowbabel)

PAYUNG, www.wowbabel.com - Biota perairan di Sungai  Desa Pangkalbuluh, Kecamatan Payung, Bangka Selatan (Basel) mendadak mati. Ikan-ikan banyak ditemukan tergeletak di permukaan air. Kuat dugaan disebabkan aliran sungai telah tercemar limbah pabrik. 

Kepala Desa Pangkalbuluh, Marjan mengatakan kondisi itu sudah berlangsung cukup lama. Bahkan, tak hanya biota air ikan saja yang banyak mati, masyarakat setempat yang memanfaatkan aliran sungai untuk kebutuhan sehari-hari, mandi dan mencuci banyak terserang infeksi kulit. 

"Kondisi ini (ikan mati) sudah ada satu bulan, dan banyak juga masyarakat yang terinfeksi kulit gatal-gatal," kata Marjan kepada wartawan, Jumat (20/3/2020). 

Kondisi sungai yang kerap dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk mencari nafkah dan kebutuhan sehari-hari itu diduga  telah tercemar limbah pabrik pengolahan ubi tapioka.

Marjan mengatakan, pabrik tapioka yang patut diduga telah mencemari sungai tersebut adalah CV. Sari Bumi Mulya (SBM). 

Pemerintah desa setempat, Kata Marjan telah mendatangi lokasi melihat kondisi aliran sungai.

"Hasil kroscek kita air yang ditengah sungai tercemar,  bau busuk ubi," keluhnya.

Kondisi itu sudah dilaporkan pemerintah desa setempat ke dinas lingkungan hidup Bangka Selatan. Pihaknya berharap persoalan itu segera teratasi agar tidak merusak lingkungan aliran sungai yang tentunya merugikan masyarakat.

"Kamis pekan lalu sudah ada dinas LH ke lokasi ngambil sampel air," tukasnya. 

Sementara www.wowbabel.com masih berusaha mengkonfirmasi dugaan pencemaran aliran sungai tersebut ke pihak perusahaan CV. SBM. Namun, hingga berita ini diturunkan, Junaidi alias Aho yang disebut-sebut sebagai penanggungjawab operasional perusahaan belum memberikan keterangan. (Aston/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE