DPRD Basel Sidak Tambak Udang Tak Berizin, Pengurus Malah Minta Ditonjok

Anggota DPRD Bangka Selatan melakukan sidak ke salah satu tambak udang yang tidak memiliki izin di Pantai Tanjung Kerasak, Desa Pasir Putih, Kecamatan Tukaksadai, Bangka Selatan.(as/wb)

TUKAKSADAI,www.wowbabel.com -- Inspeksi mendadak (Sidak) yang dilakukan para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) ke tambak udang di Tanjung Kerasak Desa Pasir Putih, Kecamatan Tukak Sadai, Senin (23/3/2020) siang sempat terjadi ketegangan. 

Baca Juga: Advice Planing Tambak Udang Milik PT SJL Dinilai Tidak Sah

Pantauan awak media, ketegangan mulai terjadi sejak salah satu pengurus tambak PT  Sadai Jaya Lestari, Amat Sulaiman menanyakan legalitas anggota dewan dan minta identitas para anggota dewan tersebut. Dian Sersanawati mewakili sekaligus ketua Komisi III DPRD Basel itu langsung mengeluarkan kartu identitas anggota . 

"Kami anggota dewan resmi pak," kata Dian seraya menyodorkan kartu identitas anggota kepada lelaki paruh baya yang mengaku pengurus lapangan itu.

Dian mewakili beberapa anggota dewan dari berbagai komisi itu pun menanyakan legalitas pembuatan tambak udang tersebut, dan lelaki itu pun menjawab dengan santai bahwa mengantongi izin. 

" Ada (izin--red)," ucap Amat.

"Coba kami mau liha pak tolong tunjunjukin, ini sebagai bentuk pengawasan kami sebagai anggota dewan wajib," timpal Dian

Namun, izin yang diminta para anggota dewan itu hanya  sebatas izin rekomendasi dari desa dan juga advice planing. Sementara izin  prinsip seperti IMB, izin lingkungan tidak bisa ditunjukkan oleh pihak perusahaan dengan alasan masih dalam proses. 

Lantaran belum kantongi izin resmi, membuat politisi PDIP itu sedikit berang.

"Kalian sudah membuat aktivitas tanpa izin. Kenapa belum ada izin sudah aktivitas  berarti kalian nantang kami,  tantang pemerintah daerah dengan kangkangi aturan," sebut Dian sedikit meninggi. 

Ketegangan berlanjut ketika seorang lelaki yang juga mengaku pengurus mempertanyakan kepada para anggota dewan tersebut apakah  aktivitas tambak udang selain mereka sudah mengantongi izin apa belum.

Adu mulut kian meninggi setelah pria itu mengepal tangan seolah menantang anggota dewan. Pria itu tampak terpancing emosinya dengan gebrakan meja yang dilakukan Dian Sersanawati. Kondisi itu pun direspon beberapa anggota dewan lainnya, gestur tubuh pria itu dianggap telah melecehkan.

Emosi pria itu kian tak terkontrol, bahkan pria itu sempat menonjok wajah sendiri seraya berteriak "Tampol saja pak, tampol saja pak," kata pria itu  seraya mendekati para anggota dewan. 

Namun, kondisi itu berhasil diredam Kabid Ketertiban Umum (Tibum) Sat Pol PP, yang ikut mendampingi para anggota dewan.(as/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL