Advice Planing Tambak Udang Milik PT SJL Dinilai Tidak Sah

Aston    •    Selasa, 24 Maret 2020 | 14:21 WIB
Lokal
Anggota DPRD Bangka Selatan melakukan sidak ke salah satu tambak udang yang tidak memiliki izin di Pantai Tanjung Kerasak, Desa Pasir Putih, Kecamatan Tukaksadai, Bangka Selatan.(as/wb)
Anggota DPRD Bangka Selatan melakukan sidak ke salah satu tambak udang yang tidak memiliki izin di Pantai Tanjung Kerasak, Desa Pasir Putih, Kecamatan Tukaksadai, Bangka Selatan.(as/wb)

TUKAKSADAI,www.wowbabel.com -- Perusahaan Tambak udang milik  PT  Sadai Jaya Lestari di Desa Pasir Putih, Kecamatan Tukak Sadai, Bangka Selatan (Basel) mengaku telah mengantongi advice planing dan menyodorkan kepada anggota dewan yang melakukan inspeksi mendadak, Senin (23/3/2020) kemarin.

Baca Juga: DPRD Basel Sidak Tambak Udang Tak Berizin, Pengurus Malah Minta Ditonjok

Namun, izin rekomendasi teknis advice planing itu ternyata tidak sah alias pengajuan advice planing yang diajukan pihak perusahaan ternyata ditolak pemerintah setempat. Anggota dewan awalnya tidak mengetahui ketika disodorkan pihak perusahaan Ahmad Sulaiman. Advice planing ‘kaleng-kaleng’ itu baru diketahui anggota dewan setelah meninggalkan lokasi tambak udang tersebut.

Ketua Komisi II DPRD, Dian Sersanawati menegaskan bahwa advice planing yang diperlihatkan PT SJL  kepada mereka tidak sah.

"Ternyata ada keterangan dibawahnya bahwa pemerintah tidak memberikan rekomendasi. Dengan demikian aktivitas tambak udang belum sama sekali mengantongi izin," ungkap Dian kepada wartawan usai membuat pengaduan ke Polres Basel terkait tidak berizinnya PT SJL.

Dalam berkas Advice planing yang dikeluarkan Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah Pemkab Basel Nomor 600/33/TKPRD/2019 tertanggal 4 Juli 2019 sebagaimana yang disodorkan pihak perusahaan kepada anggota dewan saat menggelar sidak.

Berkas advice planing itu dikeluarkan menindaklanjuti surat permohonan advice planing tambak udang di Tanjung Kerasak Desa Pasir Putih dengan luasan lahan sebesar 24 hektare.(as/wb)



MEDSOS WOWBABEL