Pabrik Ubi CV. SBM Sengaja Buang Limbah Ke Aliran Sungai

Aston    •    Selasa, 24 Maret 2020 | 21:52 WIB
Lokal
Pipa limbah perusahaan yang dijadikan saluran buang limbah ke sungai. (Ist)
Pipa limbah perusahaan yang dijadikan saluran buang limbah ke sungai. (Ist)

PAYUNG, www.wowbabel.com - Pabrik pengolahan ubi tapioka CV. Sari Bumi Mulya (SBM)  telah sengaja membuang sebagian limbah ke aliran sungai sehingga terjadi dugaan pencemaran Sungai yang jadi sumber air warga Desa Pangkalbuluh, Kecamatan Payung, Bangka Selatan. 

Menurut sumber mengatakan, terdapat pipa pembuangan limbah ke aliran sungai dari kolam Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL). Warga setempat sempat melihat langsung dan mengabadikan pipa pembuangan ke aliran sungai. 

Hanya saja ketika Komisi III melakukan kunjungam didampingi dinas lingkungan hidup, Selasa (24/3/2020)  pagi, pipa yang dimaksud sudah tidak terlihat dan diduga sudah ditutup  pihak perusahaan. Awak media mencoba minta klarifikasi pihak perusahaan dugaan tersebut, namun pihak perusahaan bungkam dengan alasan pihak penanggungjawab tidak berada ditempat. 

Sementara Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Lingkungan Hidup (DPKPLH) Bangka Selatan, ternyata sudah lama menemukan pipa pembuangan limbah dari kolam IPAL yang dekat dengan aliran sungai. 

" Iya, memang tahun 2019 kami melakukan pengawasan ada temuan bypaas (saluran pembuangan) di IPAL terakhir, dan kami sudah melayangkan surat teguran," kata Zamil Pengawas Lingkungan Dinas DPKPLH yang ikut ke lokasi mendampingi Komisi III.



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE