LSM PL Kerahkan Alat Berat Keruk DAS Pasar Muntok

Chairul Aprizal    •    Rabu, 25 Maret 2020 | 20:49 WIB
Lokal
Alat berat sedang melakukan pengerukan DAS Pasar Muntok. (Chairul/wowbabel)
Alat berat sedang melakukan pengerukan DAS Pasar Muntok. (Chairul/wowbabel)

MUNTOK, www.wowbabel.com - Geram melihat alur DAS (daerah aliran sungai) di sekitar lokasi jembatan Pasar Muntok terjadi kedangkalan dan sudah lama tidak diperhatikan, LSM Peduli Lingkungan kerahkan 1 (satu) unit alat berat untuk mengeruknya. 

Ketua LSM PL Alfani menyebutkan kegiatan ini sudah dilakukan beberapa hari yang lalu hingga sekarang karena ingin meminimalisir banjir yang rutin selalu menenggelamkan wilayah pasar dan pemukiman dataran rendah di Kota Muntok. 

Alfani menjelaskan kegiatan ini dilakukan secara mandiri dan didukung oleh LSM peduli Menumbing dan Pemilik Hotel Yasmin Muntok,  Kabupaten Bangka Barat. 

"Saya berharap bahwa dalam program pengerukan sungai ini ke depannya masyarkat peduli akan lingkungan dan kebersihan dijaga dan jangan membuang limbah ke DAS," ujar Alfani,  Rabu (25/03/2020).

"Dan langkah ini mengharapkan kita masyarakat akan peduli tentang lingkungan ini dimulai dengan pribadi kita masing masing yang memiliki cinta kebersihan," tambahnya. 

Alfani menuturkan DAS sekitar pasar ini jika terjadi hujan 2 (dua) hari berturut-turut selalu meluap ke jalan dan pemukiman. 

"Karena pasir yang cukup tebal di permukaan dasar sungai karena tailing penambang yang masuk ke dalam sungai, disayangkan air yang dulunya begitu jernih menjadi keruh," ungkap Alfani.  (Rul)

Halaman