Stok VTM Dinkes Babel Sisa 10 Buah

Dwi H Putra    •    Rabu, 25 Maret 2020 | 22:05 WIB
Nasional
Juru Bicara Penanganan Pencegahan dan Antisipasi Penyebaran Covid-19 Babel, dr Astrid. (Dwi HP/wowbabel)
Juru Bicara Penanganan Pencegahan dan Antisipasi Penyebaran Covid-19 Babel, dr Astrid. (Dwi HP/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sampai saat ini masih memiliki 10 buah virus transfer media (VTM) yang akan digunakan untuk mengirim sampel pasien dengan gejala Covid-19 ke Litbangkes Jakarta.

"Stok VTM ada di Laboratorium Kesehatan Babel masih 10 buah, tapi mudah-mudahan dengan ada anggaran Covid-19 yang berjalan mulai memesan ke penyedia untuk segera dikirimkan," kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Pencegahan dan Antisipasi Penyebaran Covid-19 Babel, dr Astrid kepada wartawan saat Pers Conference di Pusdalops, Rabu (25/3/2020).

"Kita berusaha terus ke Litbang Kemenkes untuk mengirimkan bantuan stok VTM," ujarnya.

dr Astrid melanjutkan, wementara untuk proses hasil pemeriksaan kenapa lama, hal ini disebabkan pemeriksaan di laboratorium padat, sehingga hasil pemeriksaan baru diketahui dalam waktu tiga atau empat hari.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemprov Babel, Mulyono Sutanto, mempersiapkan anggaran sebesar Rp 22 miliar lebih untuk penanganan pencegahan dan antisipasi penyebaran Covid-19. 

"Anggaran ini dipergunakan untuk ruang isolasi di rumah sakit, alat medis, tenaga medis dan persiapan lainnya," kata Mulyono.

Halaman