Prosesi Akad Nikah di KUA Dilakukan Super Ketat

Hendri Dede wow    •    Kamis, 26 Maret 2020 | 21:52 WIB
Lokal
Buku Nikah. (Net)
Buku Nikah. (Net)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Ditengah kekhawatiran merebaknya wabah virus corona atau Covid-19, Kantor Urusan Agama (KUA) di Kota Pangkalpinang tetap melayani bagi warganya yang ingin melaksanakan prosesi akad nikah.

Namun prosesi akad nikah ini tidak dilakukan seperti biasanya, lantaran calon pengantin dan anggota keluarga harus mengikuti prosedur sebagaimana langkah antisipasi penyebaran Covid-19. 

Misalnya, kedua calon pengantin dan anggota keluarga harus menggunakan alat pelindung diri (APD) seperti masker, hand sanitizer dan posisi duduk harus diberi jarak.

Selain menggunakan alat pelindung diri, jumlah orang yang mengikuti pelaksanaan akad nikah juga akan dibatasi. 


"Untuk akad nikah masih tetap berlangsung dengan meminimalisir waktunya, pelaksanaan terbatas, kemudian dengan aturan jarak satu meter dan dengan APD seperti menggunakan masker, sanitizer dan sebagainya," kata Kepala kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, Abdul Rohim kepada www.wowabel.com, Kamis (26/3/2020).

Abdul Rohim menuturkan seluruh KUA saat ini akan tetap memberlakukan prosedur tersebut. Selain itu, KUA di Kota Pangkalpinang juga hanya melayani pendaftaran melalui online.

"Yang daftar itu tetap ada, cuma untuk sementara Kementrian Agama itu melayani dari rumah atau from home. Jadi sementara mereka daftar secara online, nanti baru kita verifikasi data," jelas dia.

Namun untuk resepsi pernikahan, diakuinya pihak KUA tidak memiliki wewenang untuk melarangnya. Namun untuk pelayanan kepada masyarakat akan tetap berjalan dengan dilakukan secara online. 

"Tetapi kalau resepsi urusan keluarga, kami enggak bisa sampai kesana," tukasnya. (HDD/wb)

Halaman