RSUD Sejiran Setason Belum Mampu Rawat Pasien Positif Corona

Chairul Aprizal    •    Kamis, 26 Maret 2020 | 13:37 WIB
Lokal
Direktur RSUD Sejiran Setason dr Ratnosoppi.(rul/wb)
Direktur RSUD Sejiran Setason dr Ratnosoppi.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- RSUD Sejiran Setason Kabupaten Bangka Barat belum siap untuk merawat dan tangani pasien positif Corona lantaran belum memiliki fasilitas dan perlengkapan standar.

Direktur RSUD Sejiran Setason dr Ratnosoppi menjelaskan RSUD Sejiran Setason fungsinya kuratif (pengobatan) yang hanya merawat Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

"Memang dalam kenyataannya RSUD Sejiran Setason ini belum memiliki ruang isolasi, ruang isolasi itu ruang perawatan yang khusus standar" ucap dr Ratnosoppi, ditemui, Kamis (26/03/2020).

dr Ratnosoppi menuturkan ruang isolasi harus berada dalam gedung yang memiliki tekanan negatif untuk pernafasan dan tekanan positif.

"Saya mengatakan bahwa kami melakukannya di ruang perawatan khusus, dengan kondisi seperti ini mau tidak mau kita harus siap," ujarnya.

Direktur ini mengatakan ruang perawatan khusus yang disiapkan hanya untuk PDP sedangkan pasien positif akan dirujuk.

"Hanya ruangan dengan heksos, tapi sebetulnya itu tidak standar" ujarnya.

"Iya jadi kalau ada pasien positif tentu saja akan kita rujuk, karena ruang perawatannya juga harus benar-benar standar," tandas Ratnosoppi.

Ratnosoppi menerangkan untuk penanganan pasien positif corona itu wajib ruangan memenuhi standar agar mencegah penularan terhadap tenaga medis, dan yang melakukan perawatan terhadap pasien.

"APD, satu merawat pasien positif itu bisa habis 60 set, khusus pakaiannya gak boleh dipakai kembali gak bisa itu sudah harus menjadi bahan limbah," tukasnya.(rul/wb)

Halaman