Tim RSUD Sejiran Setason Siap Tangani Pasien Covid-19

Chairul Aprizal    •    Kamis, 26 Maret 2020 | 21:15 WIB
Nasional
dr. Ratnosoppi, Direktur RSUD Sejiran Setason Bangka Barat. (Chairul/wowbabel)
dr. Ratnosoppi, Direktur RSUD Sejiran Setason Bangka Barat. (Chairul/wowbabel)

MUNTOK, www.wowbabel.com - Direktur RSUD Sejiran Setason Bangka Barat mengatakan kalau tenaga medis RSUD siap tangani pasien Covid-19 hanya saja belum didukung dengan sarana prasarana yang memadai dan standar.

"Dokter umum, perawatnya, unsur lain seperti sopir, cleaning servis, laundry, yang berhubungan dengan perawatan pasien itu kita siap secara tim," ucap Direktur RSUD Sejiran Setason dr.Ratnosoppi, Kamis (26/03/2020).

Ratnosoppi mengakui bahwa APD (Alat Pelindung Diri) untuk menangani pasien suspect maupun positif corona belum siap.

"Terutama baju standar karena APD untuk infeksi pernapasan itu, terutama untuk covid ini dia harus lengkap, pakaiannya standar seperti astronot, dibekali dengan google, ditambah dengan fesil, jadi tutupan kayak topi tukang las, terbuat dari bahan khusus seperti mika yang tebal, harus pakai boot, ada kaos kakinya sendiri," jelasnya.

"Terus menggunakan sarung tangan dua lapis, tapi kan kita menerima ini pasien dalam pengawasan baru suspect," tambahnya.

Namun menurutnya screening penentuan PDP atau ODP ini menjadi penting oleh dokter penanggung jawab pelaksana pasien.

Karena penentuan screening itu akan menjadi tindakan medis memberikan perawatan sesuai dengan status pasien PDP atau ODP.

"Jadi APD ini kita punya standar cuman jumlahnya minim, tidak bisa mengcover kita merawat pasien ini untuk perawatnya kita bagi setiap 5 jam sekali," jelasnya.

Ratnosoppi menerangkan untuk pasien PDP itu dalam sehari dirawat oleh 6 (enam) tim, dengan pertim ada 1 (satu) perawat dan 1 dokter umum. (Rul/wb)

Halaman