Lawan Covid-19, 160 Pasangan di Bangka Tengah Tunda Itsbat Nikah

Herdian wow    •    Jumat, 27 Maret 2020 | 13:01 WIB
Lokal
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Julhasnan.(her/wb)
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Julhasnan.(her/wb)

KOBA, www.wowbabel.com - Dalam rangka mendukung agenda pemerintah terkait Social Distancing untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Julhasnan menyampaikan terkait kegiatan sidang itsbat nikah yang semula akan dilakukan pada tanggal 1-3 April 2020, ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

"Semula kegiatannya akan diadakan di Gedung Serba Guna (GSG) Bateng, namun sehubungan dengan masalah nasional terkait Covid 19, maka Bupati pada coffe morning beberapa waktu yang lalu memutuskan untuk menunda kegiatan tersebut sampai pemberitahuan lebih lanjut," ucap Julhasnan, Kamis (26/03/2020).

Ia mengimbau kepada masyarakat yang sudah didaftarkan untuk ikut sidang itsbat nikah, agar memaklumi kondisi saat ini, dan pihaknya akan segera memberikan kabar jika sudah ada perkembangan lebih lanjut.

"Mohon kiranya bagi peserta sidang agar bisa menerima keadaan ini dan kami akan menghubungi jika memang kondisi sudah normal seperti sedia kala," imbuhnya

Ia menjelaskan jika rencananya itsbat nikah tersebut akan diikuti oleh 160 pasangan yang sampai saat ini belum memiliki buku nikah, yang mana program ini berkat kerjasama antara Dukcapil, Pemkab Bateng, dan Kakanwil Kemenag.

"Program ini adalah inisiatif bapak bupati untuk mengentaskan banyaknya pasangan nikah yang belum punya surat nikah atau buku nikah di Kabupaten Bateng," jelasnya.

Dan kegiatan tersebut juga nantinya akan diadakan secara terpadu, yakni dalam sidang satu hari akan langsung keluar putusan pengadilan agama, langsung diterbitkan buku nikah oleh KUA, dan oleh Dindukcapil akan langsung melakukan penerbitan KK dan Akte Kelahiran anak-anak pasangan tersebut.(her/wb)

Halaman