Lawan Covid-19, Ini Empat Tips Bersama Anak di Masa Social Distancing ala Melati Erzaldi

Melati Erzaldi.(ist)
Melati Erzaldi.(ist)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Pemerintah menerapkan "Social Distancing" atau yang sekarang dikenal menjadi "Physical Distancing" yaitu menjaga jarak dengan orang lain dalam upaya mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Kebijakan diberlakukan dalam beberapa aspek seperti menutup sekolah, restoran, toko, bioskop, dan tempat-tempat lain di mana orang berkumpul, tidak menggunakan transportasi umum, beribadah di rumah, bekerja dari rumah, dan belajar dari rumah.

Imbauan untuk melakukan social distancing juga dikeluarkan oleh kementerian pendidikan dengan meliburkan aktivitas pendidikan hingga batas waktu yang ditentukan mengikuti situasi dan perkembangannya.

"Para peserta didik diminta melanjutkan belajarnya di rumah. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kerumunan yang memungkinkan kontak antara banyak orang," kata Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi di Pangkalpinang, Minggu (29/3/2020).

"Waktu selama masa "social distancing" semestinya digunakan untuk mengisolasi diri dan membatasi keluar rumah," ujarnya.

Berhari-hari hanya melakukan kegiatan di dalam rumah mungkin akan terasa membosankan terlebih untuk anak, yang semula bebas bermain dan belajar bersama teman-temannya, kini harus dibatasi.

Tak terkecuali bagi Pendidikan Kelompok Bermain/Taman Kanak-kanak dan Pendidikan Anak Usia Dini (KB/TK/PAUD). Orang tua dalam hal ini memiliki peranan penting untuk membuat anak tidak merasa bosan dan terkurung selama menjalani social distancing.

"Oleh sebab itu, saya membagikan beberapa tips untuk mengisi hari-hari anak selama masa "Social Distancing" kepada para orang tua," jelas Melati.



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL