Lawan Covid-19, Gugus Tugas Sesalkan Maskapai Lion Air

Dwi H Putra    •    Senin, 30 Maret 2020 | 15:38 WIB
Nasional
Sejumlah massa dari beberapa ormas melakukan aksi damai di depan pintu Bandara Depati Amir Pangkalpinang.(ist)
Sejumlah massa dari beberapa ormas melakukan aksi damai di depan pintu Bandara Depati Amir Pangkalpinang.(ist)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Terkait adanya aksi damai yang dilakukan beberapa elemen di Bandara Depati Amir pada Senin (30/3/2020) pagi, memprotes masih ada maskapai yang membawa penumpang tidak sesuai jadwal yang ditentukan Gubenur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, bahwa setiap hari hanya ada satu maskapai.

"Ini yang kami sayangkan, bahwa sudah ditetapkan Gubenur Babel, satu hari hanya ada satu penerbangan dan sudah dijadwalkan mulai tanggal 30 Maret 2020 sampai 6 April 2020," kata Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Penanggulangan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Babel, Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Senin (30/3/2020).

"Gubenur sudah menunjukkan ketegasannya demi keselamatan masyarakat Babel, untuk membatasi penerbangan di Bangka dan Belitung," ujarnya.

Dijelaskannya, memang ini sebuah dilema bagi maskapai, kendati demikian sudah sepatutnya pihak maskapai mengikuti kebijakan kepala daerah yang sudah dikeluarkan dan disepakati bersama-sama dengan semua pihak terkait pada Sabtu (28/3/2020) sore.

"Gubenur kan sudah mengatakan ini tanggungjawab beliau sebagai kepala daerah, harusnya bisa dipatuhi oleh pihak maskapai," jelas Mikron.

"Kami juga sudah menegaskan ke setiap maskapai untuk mengikuti aturan dan instruksi gubenur, karena ini demi keselamatan masyarakat Babel," pungkasnya.

Diketahui bersama, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, akhirnya membatasi jumlah penerbangan yang beroperasi di Bandara Depati Amir, setelah Gubenur Babel, Erzaldi Rosman bersama sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) dan maskapai penerbangan melakukan pertemuan.

Menurut Erzaldi Rosman, kementerian saat ini sedang laksanakan rapat, namun demikian atas tanggung jawab daerah ini selaku gubernur dirinya sangat tahu akan kondisi daerah Babel, dipahami pula kekuatan dan kondisi medis Babel sepeti apa, jumlah dokter, alat kesehatan, dan sebagainya dalam waktu dekat ini.

Lonjakan yang dalam waktu dekat diprediksi bukan karena ada kegiatan Ceng Beng saja, tapi terjadi juga karena momen Ruwahan dan acara adat lainnya, untuk itu Gubernur Erzaldi Rosman mengatakan jika penerbangan tidak dibatasi maka arus kedatangan akan tetap deras.

"Sebanyak apapun pesawat disiapkan itu tetap akan penuh. Jika tujuan Bangka ke Jakarta mungkin tidak terlalu banyak, sehingga karena faktor keterbatasan dan kemampuan daerah dalam penanganan, saya memutuskan untuk satu penerbangan setiap hari," tegas Erzaldi Rosman.(dwi/wb)

 

Berikut adalah jadwal penerbangan yang telah disepakati, jadwal ini dimulai sejak tanggal 30 Maret 2020:

- 30/03/20 - NAM Air

- 31/03/20 - Lion Air

- 01/04/20 - Sriwijaya Air

- 02/04/20 - Garuda Indonesia

- 03/04/20 - Citilink

- 04/04/20 - NAM Air

- 05/04/20 - Lion Air

- 06/04/20 - Sriwijaya Air.



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL