Lawan Covid-19, Umat Islam Pangkalpinang Disarankan Salat di Rumah

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil bertemu dengan sejumlah tokoh agama Islam di Pangkalpinang.(hen/wb)
Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil bertemu dengan sejumlah tokoh agama Islam di Pangkalpinang.(hen/wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Sebagai upaya menekan penyebaran virus corona atau Covid-19, Pemkot Pangkalpinang kembali membahas tentang pelaksanaan salat berjamaah dan salat fardhu di masjid pada wilayah Kota Pangkalpinang, Senin (30/3/2020).

Untuk sementara waktu, umat muslim dianjurkan agar tidak melaksanakan salat berjamaah di masjid. Pelaksanaan salat berjamaah dapat dilakukan di rumah.

Sebelumnya, Pemkot Pangkalpinang juga telah membahas hal ini bersama perwakilan tokoh agama dari MUI, NU, Muhammadiyah dan DMI di Kota Pangkalpinang.

"Hari ini kita lebih menyakinkan kepada masyarakat dengan hasil bersama dari para ustadz, kyai dan tokoh agama dan tokoh masyarakat yang memang paham, selain organisasi dari tokoh agama kemarin," ungkap  Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil.

Molen, sapaan akrab walikota, menuturkan terdapat enam kesimpulan yang didapat dari hasil kesepakatan tersebut. Kesimpulan pertama yaitu mengedukasi masyarakat hal yang paling penting terkait Covid-19.

Selain itu, tidak melakukan solat Jumat fardu berjamaah sementara waktu namun adzan tetap dilakukan dan lafadz adzan tidak dirubah.

Kemudian setiap masjid dapat menyediakan tempat cuci tangan dan melakukan penyemprotan disinfektan secara teratur di masjid. Dianjurkan untuk membaca lafadz qunut nadzilah, memperbanyak istighfar, zikir dan salat taubat secara pribadi.(hen/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL