Lawan Covid-19, Gedung Diklat BKPSDM Babel Siap Tampung ODP dan PDP

Wagub Babel, Abdul Fatah dan Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya meninjau gedung diklat.(dwi/wb)
Wagub Babel, Abdul Fatah dan Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya meninjau gedung diklat.(dwi/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) telah menyiapkan ruangan khusus untuk karantina Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien dalam pengawasan (PDP), sebagai antisipasi untuk penanganan penyebaran Covid-19 di Babel.

"Ruangan yang dijadikan karantina ini adalah ruangan di Gedung Pendidikan dan Latihan (Diklat) milik Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Babel, semua fasilitas sudah disiapkan," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Babel, Mulyono Sutanto di Pangkalpinang, Selasa (31/3/2020).

"Jumlah kamar yang disiapkan untuk PDP ada 24 kamar sedangkan ODP ada 36 kamar, dan besok Rabu (1/4/2020) sudah bisa dioperasikan," ujarnya.

Dijelaskannya, ruangan khusus untuk ODP ini disiapkan bagi mereka yang terjaring atau masih berkeliaran, tidak mengikuti aturan untuk mengisolasikan diri secara mandiri atau isolasi sendiri di rumah, ruangan khusus PDP disiapkan bagi pasien dengan gejala ringan.

"Kami juga menyiapkan kendaraan, kemudian makan dan minum, agar mereka ini betul-betul dilakukan karantina, agar tidak kemana-mana," jelas Mulyono.

Lanjutnya, persiapan gedung karantina bagi ODP dan PDP ini sudah ditinjau Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah, dengan didampingi Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya, Dinkes Babel serta instansi lainnya.

Sesuai arahan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, kepala daerah memang harus diminta menyiapkan ruangan untuk karantina di luar rumah sakit.

"Kepala deerah diminta agar mempersiapkan karantina di luar rumah sakit, karena kalau ada kasus positif, tracking yang terkait akan banyak, minimal ada tempat untuk karantina, agar bisa dilakukan pengawasan," paparnya.

Ditambahkannya, yang baru konfirmasi untuk tempat karantina adalah Kabupaten Bangka, yang memang sudah siapkan ruangan khusus, kemudian menyusul Kabupaten Belitung juga sedang mempersiapkan.

"Yang baru diklaim tempat karantina itu Bangka, Belitung juga sudah mulai mempersiapkan, kami minta semua mempersiapkan, karena kita tidak tau terjadi eskalasi atau tidak," tukasnya.(dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL