Lawan Covid-19, Hasil Rapid Tes Satu PDP Positif di Basel

Proses rapid test di rumah keluarga PDP meninggal dunia. (Dwi HP/wowbabel)
Proses rapid test di rumah keluarga PDP meninggal dunia. (Dwi HP/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penanggulangan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sudah melakukan pemeriksaan cepat kepada sejumlah warga yang masuk dalam kategori Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan Pasien Dalam Pemantauan (PDP). 

Dari beberapa daerah yang dilakukan Rapid Tes, di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) salah satu warga menunjukkan hasil positif, yakni istri dari pasien sebelumnya masuk kategori PDP dan meninggal dunia sebelum keluar hasil dari Badan Penelitian dan Pembangunan Kesehatan (Balitbangkes) Pusat. 

"Ini hasil pemeriksaan cepat, tapi positif ini akan ditindaklanjuti lagi dengan pengiriman sampel swab ke Balitbangkes, jadi masih diproses terus hingga benar-benar ada hasil positif atau negatifnya," kata Ketua Sekretariat Pusat Pengendalian Komando Pengendalian dan Operasional (Puskodalops) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penanggulangan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Rabu (1/4/2020). 

Dijelaskannya warga yang positif ini menjadi kategori PDP positif, yang terus mendapat perawatan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat dengan mengambil swab untuk dikirimkan ke Balitbangkes. 

"Jadi positif rapid tes belum tentu positif di hasil swab, semua harus diuji lagi," jelas Mikron

"Hingga saat Ini terus di deteksi dini untuk kondisinya, apalagi pasien ini tidak ada gejala-gejala yang seperti disosialisasikan selama ini, seperti batuk kering, pilek dan sesak nafas," ujarnya. 

Mikron melanjutkan sekarang ini mereka diisolasikan secara mandiri di rumahnya, dan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait untuk menyediakan makan, minum dan pengawasannya. 



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL