Kontak dengan Pasien Positif Covid-19, Sebelas Tenaga Medis Jalani Karantina Mandiri

Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Tenaga medis yang sempat melakukan kontak langsung atau merawat pasien yang dinyatakan positif Covid-19 di RS Siloam Provinsi Bangka Belitung menjalani pemeriksaan dengan alat deteksi rapid test.

Sebelum pasien meninggal dunia, terdapat 11 tenaga medis yang menangani pasien tersebut. Mereka terdiri dari perawat, dokter dan staf.

Dari 11 orang tenaga medis tersebut dua diantaranya telah menjalani pemeriksaan. Sementara itu sisanya akan menjalani pemeriksaan dua hari ke depan.

 "Sudah sebagaian, sisanya Sabtu. Saya sudah konfirmasi dengan tim medis, 2 orang staf yang di cek rapid test hari ini hasilnya tidak reaktif," ujar Business Development Division Head RS Siloam Pangkalanbaru, Yohan Gusanto, Kamis (2/4)

Yohan menyebutkan, kesembilan tenaga medis yang lainnya akan menjalani pemeriksaan dua hari mendatang. Pemeriksaan tersebut diprioritaskan terhadap tenaga medis yang posisinya paling dekat dengan pasien.

Kata Yohan, adapun tenaga medis tersebut kini telah dirumahkan sementara waktu atau melakukan karantina mandiri.

"Mereka statusnya adalah ODP dengan 'kontak erat' jadi diprioritaskan untuk di tes walaupun tidak ada gejala," ungkap dia.

"Sabtu sisanya karena butuh waktu yang tepat untuk lakukan test, tidak bisa secepatnya di test, karena bisa tidak efektif, karena tubuh perlu ada respond dulu dengan virusnya bila ada," ujar Yohan.(hen/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL