Lawan Covid-19, Dua Positif Balitbangkes dan Dua Positif Rapid Tes

Dwi H Putra    •    Kamis, 02 April 2020 | 12:29 WIB
Lokal
Ketua Sekretariat Pusat Komando Pengendalian dan Operasional Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penanggulangan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Babel, Mikron Antariksa.(dwi/wb)
Ketua Sekretariat Pusat Komando Pengendalian dan Operasional Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penanggulangan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Babel, Mikron Antariksa.(dwi/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Percepatan penanganan dan penanggulangan Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terus dilaksanakan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penanggulangan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Babel dengan melakukan Rapid Tes kepada sejumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan Pasien Dalam Pemantauan (PDP).

Kegiatan Rapid Tes tahap awal yang dilaksanakan gugus tugas, dari ratusan orang ditemukan dua warga yang dinyatakan positif, kendati demikian hasil ini belum pasti, sehingga perlu dilakukan tes swab untuk diperiksa ke Badan Penelitian dan Pembangunan Kesehatan (Balitbangkes) Pusat.

"Jadi dari hasil Rapid Tes itu ada dua yang positif, satu di Belitung dan satu di Bangka, hanya saja keduanya harus diteliti lagi dengan mengirimkan swab ke Balitbangkes," kata Ketua Sekretariat Pusat Komando Pengendalian dan Operasional Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penanggulangan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Babel, Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Kamis (2/4/2020).

"Kami belum bisa memastikan dan memasukkan data kedua orang ini ke info grafik data gugus tugas, sebab belum ada hasilnya dari Balitbangkes Pusat," ujarnya.

Dijelaskan Mikron, warga jangan sembarangan atau menerima informasi yang belum jelas, supaya tidak ada kepanikan di masyarakat, sebab Rapid Tes itu perlu proses lanjutan atau belum pasti hasil sebenarnya.

Rapid Tes ini fungsinya untuk mengetahui hasil pemeriksaan awal dari ODP dan PDP, supaya dapat ditindaklanjuti lebih cepat oleh petugas medis dan kesehatan.

"Kami terus mengingatkan masyarakat, mari bersama-sama mencegah dan melawan Covid-19 ini, dengan menjaga kesehatan, menjaga jarak, tidak keluar rumah apabila tidak penting. Ikuti arahan dari petugas gugus tugas jika menjalani Rapid Tes, apapun hasilnya itu demi kebaikan masyarakat juga," paparnya.

"Intinya yang sehat harus tangguh, yang sakit harus sembuh, mari bersama kita bisa melewati semua ini," pungkas Mikron.(dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL