Lawan Covid-19, Penumpang City Link Diimbau Jangan Takut

Dwi H Putra    •    Kamis, 02 April 2020 | 16:06 WIB
Nasional
Pemeriksaan rapid test terhadap penumpang City Link.(dwi/wb)
Pemeriksaan rapid test terhadap penumpang City Link.(dwi/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Sebanyak 168 orang penumpang yang turut penerbangan City Link dari Jakarta - Pangkalpinang, Rabu (18/3/2020) diimbau untuk melakukan Rapid Tes di setiap gugus tugas yang ada di daerahnya masing-masing.

"Kami imbau ke masyarakat yang ikut City Link hari itu, ayo ikut Rapid Tes, supaya bisa dideteksi dini, hal ini juga untuk mengetahui kesehatan warga bersangkutan," kata Ketua Sekretariat Pusat Komando Pengendalian dan Operasional Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penanggulangan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Babel, Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Kamis (2/4/2020).

"Jangan takut dengan hasilnya, jika positif itu belum pasti sebab harus dilihat juga trackingnya dan harus ada pemeriksaan lanjutan. Jika negatif pun warga harus tetap menjaga kesehatan dengan melakukan prilaku pola hidup bersih dan sehat (PHBS), tetap tingkatkan social distancing dan lainnya," ujarnya.

Dijelaskannya, Rapid Tes bisa dilakukan warga di posko gugus tugas atau pusat pelayanan kesehatan di daerah masing-masing, atau bisa menelepon ke gugus tugas setempat terkait teknis pengambilan sampel Rapid Tes nya.

"Nah, untuk di Bangka Induk posko gugus tugas sudah ada di desa-desa juga, atau ke pusat pelayanan kesehatan setempat, intinya jangan takut ini demi kebaikan semuanya," jelas Mikron.

Ditambahkan Mikron, dari lima orang yang menelepon ke gugus tugas dilakukan Rapid Tes terhadap dua perempuan, dua laki-laki dewasa dan satu anak kecil hasil Rapid Tes menunjukkan negatif.

"Untuk di daerah kami belum menerima hasilnya hari ini, semoga sore ini sudah ada data yang masuk ke posko, terutama khusus penumpang City Link ini," tandasnya.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Ir Soekarno Babel, dr Armayani, menjelaskan warga yang memang merasa ikut City Link ini, diharapkan dengan sadar diri atau pro aktif dapat mengikuti Rapid Tes.

"Ayo, jangan takut, ini kan untuk deteksi dini, supaya bisa diketahui kondisi kesehatannya," kata Armayani.

"Jika hasil negatif harus bisa meningkatkan kesehatan, jika positif jangan takut sebab harus proses lanjutan lagi yakni selama 10 hari dilakukan Rapid Tes lagi," paparnya.

Maka dari itu, RSUP Ir Soekarno Babel mengimbau kepada semua masyarakat terkhusus penumpang City Link, supaya bisa ikut Rapid Tes demi kebaikan bersama.(dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL