Hasil Rapid Test, Satu ODP di Pangkalpinang Dinyatakan Positif Covid-19

Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil didampingi Kadinkes Pangkalpinang Masagus Hakim.(hen/wb)
Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil didampingi Kadinkes Pangkalpinang Masagus Hakim.(hen/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com – Seorang warga Pangkalpinang dinyatakan positif Covid-19 setelah diuji dengan menggunakan Rapid Test. Selanjutnya yang bersangkutan langsung dikarantina di Gedung Diklat Pemprov Bangka Belitung.

"Itu kan dari hasil rapid test. Rapid test ini baru 60 persen baru dinyatakan keakuratannya, tetapi yang bersangkutan telah kami karantina dan isolasi di Diklat Provinsi Babel," ungkap Walikota Pangkapinang, Maulan Aklil alias Molen, kepada wartawan,  Sabtu (4/4/2020).

Kata Molen, pihaknya telah bekerjasama dengan pihak provinsi untuk proses pemeriksaan seperti pengambilan swab pasien.

"Kami bersama pihak provinsi juga telah mengambil swab-nya, sehingga kita tunggu hasil swab nya. Mudah-mudahan negatif karena anak-anaknya negatif semua, tetapi semua sudah kita lakukan SOP sesuai dengan prosedur penanganan Covid-19," jelas Molen.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang Masagus Hakim menyebutkan, pihaknya saat ini telah melakukan proses pengambilan swab dari yang bersangkutan untuk diperiksa menggunakan alat PCR.

"Tapi itu kan akan tetap kita tindaklanjuti dengan pemeriksaan PCR. Berarti dari hasil temuan PCR itu diumumkan lagi, kita juga sudah lakukan tes ke istri dan anaknya negatif semua," tutur Masagus Hakim.

"Untuk hasil PCR akan keluar sekitar tiga sampai empat hari karena hasil tersebut dikirim ke Jakarta. Untuk hasil valid dari hasil rapid test 60 sampai 70 persen. Yang bersangkutan sekarang ada di diklat tempat  karantina milik provinsi," tukasnya.(hen/wb)



MEDSOS WOWBABEL