Jemaah Salat Jumat di Masjid Baitul Hikmah Harus Lewati Bilik Sterilisasi

Setiap jemaah yang akan melaksanakan Salat Jumat di Masjid Baitul Hikmah Muntok harus menjalani cek suhu tubuh dan melalui bilik sterilisasi.(rul/wb)
Setiap jemaah yang akan melaksanakan Salat Jumat di Masjid Baitul Hikmah Muntok harus menjalani cek suhu tubuh dan melalui bilik sterilisasi.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Meskipun sudah ada imbauan dan kesepakatan para ulama dan ormas Islam di Provinsi Bangka Belitung untuk meniadakan dan menghentikan sementara Salat Jumat untuk mencegah Covid19, Namun masih ada beberapa masjid di Kota Muntok yang melaksanakannya, Jumat  (03/04/2020).

Ketua Pengurus Masjid Baitul Hikmah Muntok, Muslih, membenarkan sudah ada imbauan untuk tidak meniadakan Salat Jumat untuk sementara, namun pihaknya menilai kondisi di Bangka Barat masih baik, maka pihaknya masih menggelar Salat Jumat.

"Ya saat ini masih dalam kondisi kondusif nanti kalau kepolisian sudah betul-betul mewarning dan memang situasi memburuk maka kita akan tiadakan Salat Jumat,” ungkap Muslih yang juga Ketua DMI Kabupaten Bangka Barat.

Pantuan wowbabel, Salat Jumat di Masjid Baitul Hikmah kali ini masih ramai didatangi para jemaah. Sementara itu sekelompok pemuda membuat sebuah bilik strilisasi layaknya seperti yang ada di bandara dan pelabuhan.

Kordinator Aliansi Pemuda Barat menyebutkan hal ini dilakukan guna memberikan rasa aman kepada para jemaah.

"Berhubung pihak masjid dan jemaah masih ada yang melaksanakan, kami berinisiatif membuat bilik ini, gunanya untuk mengamankan dan memastikan agar jemaah yang melaksanakan kewajibannya dalam kondisi baik," tutur Kordinator Aliansi Oppy Fahrizy.

Oppy menyebutkan para jemaah sebelum masuk masjid harus diskrining terlebih dahulu seperti cek suhu dan melewati bilik sterilisasi baru bisa masuk masjid setelah dipastikan aman.

"Kami bekerjasama dengan pihak masjid nanti jika pada saat dicek suhu menunjukkan kondisi panas, maka kami imbau untuk jaga jarak dan apabila terdapat keluhan kami bekerjasama dengan pengurus masjid untuk mengimbau jemaah mengganti dengan Salat Dzuhur di rumah dan beristirahat,” tutur Oppy.

Oppy menuturkan hal ini didukung juga oleh pihak Yamaha yang membantu tenda, Puskesmas Muntok, dan Kapolres Bangka Barat sebagai dukungan morilnya.

"Ide ini muncul dari diskusi bersama-sama dengan Organisasi Tuan Muda Babar juga, kami memang ingin rencananya membantu pemerintah dan bersama menjaga wilayah kita dari Virus Corona ini" ujarnya.

"Bilik ini tidak menggunakan bahan berbahaya dan aman untuk manusia, kami berencana akan membuat lebih banyak lagi dan berbuat ide lainnya semoga saja ada jalan untuk kami terus bergerak agar kita aman dari Virus Corona dan kondisi ini cepat berakhir,” tukasnya.(rul/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL