Lawan Covid-19, BKKBN Ajak Warga Tingkatkan Fungsi Ketahanan Keluarga

Kepala BKKBN Babel, Fazar Supriadi Sentosa. (Dwi HP/wowbabel)
Kepala BKKBN Babel, Fazar Supriadi Sentosa. (Dwi HP/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Di tengah wabah Covid-19 keluarga di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) diminta untuk meningkatkan ketahanan keluarga dengan menjalankan delapan fungsi keluarga.

 

"BKKBN ada program pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga bencana (Bangga Kencana) yang titik beratnya di pembangunan keluarga," kata Kepala BKKBN Babel, Fazar Supriadi Sentosa di Pangkalpinang, Selasa (7/4/2020).

"Kami terus sosialisasi meningkatkan ketahanan keluarga, mempertahankan ketahanan keluarga mulai dari kesehatan balita, remaja, lansia, dan bagaimana cara membina keluarga tersebut," ujarnya.

Dijelaskannya ada delapan fungsi keluarga, yang harus dijalankan, mulai dari fungsi agama, ekonomi, sosial budaya, lingkungan, cinta dan perlindungan, sosialisasi dan pendidikan.

"Pertama fungsi agama, ini sangat penting karena semuanya berlandaskan agama, mulai dari beribadah, bersyukur dan lainnya," terangnya.

Lanjutnya di bidang ekonomi keluarga juga berperan aktif, demikian juga sosial budaya, dan terlebih fungsi lingkungan, karena dimulai dari keluarga hingga meluas ke lingkungan sekitar.

"Lingkungan harus bersih, mulai di rumah dan di lingkungannya harus bersama-sama, apalagi pada saat ini, antisipasi penyebaran Covid-19, bagaimana di lingkungan keluarga bisa dipertahankan, misalnya rembuk dengan lingkungan sekitar untuk penyemprotan secara mandiri, sampah harus bersih jangan ditumpuk," jelas Fazar.

BKKBN dikatakannya mempunyai kader yang menyebar hingga ke RT, kader inilah yang diharapkan bisa mensosialisasikan kepada masyarakat, peran penting keluarga dalam mencegah Covid-19.

"Kita punya 139 PLKB, kader setiap RT ada satu, itulah kepanjangan kita,  untuk sebarkan informasi benar  ke masyarakat," paparnya.



MEDSOS WOWBABEL