[VIDEO] ODP dan PDP di Belitung Meninggal

Video persiapan pemakaman dua PDP di Belitung. (Dwi HP)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Dua orang terkait Covid-19 di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belirung (Babel) meninggal dunia.

 

Satu orang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) berusia sembilan tahun, dan satu orang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berusia 59 tahun.

Kedua orang ini, mengalami gejala Covid-19 seperti batuk, sesak nafas dan demam. Namun untuk memastikan terkonfirmasi positif, Gugus Tugas Covid-19 masih menunggu hasil pemeriksaan yang sudah dikirim ke Badan Penelitian dan Pembangunan Kesehatan (Balitbankes) pusat.

"ODP yang berusia sembilan tahun, mempunyai riwayat asma, tetapi kita tetap waspada, ia meninggal tadi malam, hasil Rapid Test negatif," kata Ketua Sekretariat Pusat Komando Pengendalian dan Operasional (Puskodalops) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penanggulangan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Babel, Mikron Antariksa, Rabu (8/4/2020).

Dijelaskan Mikron, anak berinisial Kd ini menurut keterangan dari keluarga, bahwa almarhum tidak  ada riwayat keluar daerah, tetapi memiliki riwayat penyakit asma.

Sementara PDP berinisial Rd berusia 59 tahun, meninggal dengan riwayat penyakit paru-paru basah, berstatus PDP sejak 15 Maret 2020.

"Pada pukul 05.15 Wib proses pemakaman jenazah selesai dalam keadaan aman dan lancar, dengan pengamanan dari Personel Polsek Tanjung Pandan dan Personel Kodim 0414 Belitung," tandasnya.

Untuk pasien PDP yang meninggal ini, sampel swab sudah diambil dan dikirim, tinggal menunggu hasil dari pemeriksaan tersebut.

"Saat ini tim gugus tugas Belitung masih mewawancarai keluarga melihat riwayat perjalanan almarhum," pungkas Mikron.

 

Reporter: Dwi HP

Editor : Dwi HP



MEDSOS WOWBABEL