Kominfo Beltim Bantah Keluarkan Imbauan Tidak Keluar Rumah 24 Jam

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung Timur, Gustaf Pilandra. (Fauzi Akbar/Diskominfo Beltim)
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung Timur, Gustaf Pilandra. (Fauzi Akbar/Diskominfo Beltim)

MANGGAR, www.wowbabel.com - Ajakan dari meme ‘Belitong Bekaput’ yakni program untuk tidak keluar rumah serentak se-Pulau Belitung selama 24 jam pada Minggu, 12 April pukul 06.00 hingga Senin, 13 April 2020 pukul 06.00, beredar luas di media sosial, Kamis (9/4/2020). Beberapa pengguna pun langsung membagikan ajakan yang tidak jelas sumbernya tersebut. 

Hal ini langsung mendapat sorotan dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung Timur, Gustaf Pilandra. Ia menyatakan Diskominfo ataupun Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Beltim tidak pernah mengeluarkan imbauan untuk tidak keluar rumah selama 24 jam.

“Bukan dari kita, disinformasi itu. Kalau dari kita pasti ada logo Pemkab Beltim atau Diskominfo,” kata Gustaf saat dihubungi terkait beredarnya meme tersebut.

Gustaf mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak mudah mempercayai informasi yang belum jelas sumbernya. Diskominfo Beltim selalu memantau dan siap memberikan pelayanan informasi terkait penanganan, program serta kebijakan terkait CIVID 19 di Kabupaten Beltim.

“Intinya masyarakat jangan mudah percaya dengan isu yang tidak jelas sumbernya. Jangan pula langsung menyebarkan kabar-kabar yang didapat dari media sosial apalagi bukan dari sumber resmi yang ditetapkan pemerintah,” ujarnya.

Gustaf yang juga Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19 Kabupaten Beltim itu menyatakan terkait informasi seputar COVID-19 masyarakat bisa mengakses portal resmi Pemkab Beltim di belitungtimurkab.go.id, atau langsung ke corona.belitungtimurkab.go.id.

“Selain lewat facebook maupun twitter, Kita juga menyiapkan layanan informasi lewat whatsapp di 082178559540 khusus untuk informasi COVID. Masyarakat bisa bertanya langsung lewat media-media tersebut,” ungkap Gustaf. (fa/db)



MEDSOS WOWBABEL