Di Babel Sudah Lima Terkonfirmasi Positif Covid-19

Ketua Sekretariat Pusdalops Percepatan Penanganan Covid-19 Babel, Mikron Antariksa.(dwi/wb)
Ketua Sekretariat Pusdalops Percepatan Penanganan Covid-19 Babel, Mikron Antariksa.(dwi/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Masyarakat patut lebih waspada dan tidak menganggap remeh terkait Covid-19 dengan meningkatkan Standart Operasional Prosedur (SOP) kesehatan, tetap menjaga jarak dan tidak keluar rumah kalau kurang penting, hal ini demi kebaikan bersama.

Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) hingga Kamis (16/4/2020) pagi terdata sebanyak lima orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, berdasarkan data yang masuk ke Pusat Pengendalian dan Operasional (Pusdalops) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Babel, pasien yang dinyatakan positif berasal dari Kota Pangkalpinang.

"Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 jadi lima orang, terbaru di Kota Pangkalpinang, setelah hasil Swab-nya positif, saat ini tiga daerah yang sudah ada pasien positif, Belitung, Bangka Selatan dan Kota Pangkalpinang," kata Ketua Sekretariat Pusdalops Percepatan Penanganan Covid-19 Babel, Mikron Antariksa, Kamis (16/4/2020).

"Dari lima pasien ini, empat orang dalam pengobatan atau perawatan di rumah sakit dan Gedung Pendidikan dan Latihan (Diklat) serta satu orang meninggal dunia," ujarnya.

Sementara, Orang Dalam Pemantauan (ODP) juga terus bertambah menjadi 890 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 53 orang dan Orang Tanpa Gejala (OTG) 420 orang tersebar di seluruh Babel.

Kabupaten Bangka Selatan sebanyak 129 ODP, enam PDP dan 46 OTG, di Kota Pangkalpinang jumlah ODP 217 orang, PDP 13 orang dan OTG 48 orang, Kabupaten Belitung ODP 218 orang, PDP 17 orang, dan OTG 313 orang, di Kabupaten Bangka jumlah ODP 174 orang, PDP sembilan orang dan OTG 11 orang, Bangka Barat sebanyak 35 ODP dan 3 PDP, di Bangka Tengah sebanyak ODP 109 orang dan PDP satu orang dan Belitung Timur berjumlah delapan ODP, empat PDP serta dua OTG.

"Jumlah PDP dan ODP  yang meninggal sampai saat ini berjumlah enam orang, satu diantara PDP tersebut terkonfirmasi positif Covid-19, meskipun pasien ini meninggal karena berbagai penyakit bawaan, namun tetap dilakukan pemakaman sesuai standar operasional prosedur pasien Covid-19," paparnya.

"Kami juga memantau orang yang datang ke Babel sebanyak 578 orang dan yang berangkat 605 orang, ini salah satu upaya mengawasi ODP atau OTG," tukas Mikron.(dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL