Jokowi Perintahkan Cari Siapa yang Bermain Harga Beras

Tim_Wow    •    Selasa, 21 April 2020 | 21:12 WIB
Nasional
Presiden Jokowi. (Ist)
Presiden Jokowi. (Ist)

JAKARTA, www.wowbabel.com - Joko Widodo melihat adanya penurunan harga gabah kering namun tidak diikuti dengan penurunan harga beras, malah sebaliknya. UntukĀ  itu, Presiden Jokowi meminta jajarannya untuk turun langsung ke lapangan dan mencari tahu persoalan tersebut.

"Kalau harga gabah kering giling turun mestinya harga berasnya juga ikut turun. Ini petaninya tidak dapat untung, harga berasnya naik, masyarakat dirugikan. Ini yang untung siapa? Dicari!" ujar Presiden Jokowi dalam rapat terbatas mengenai antisipasi kebutuhan bahan pokok yang digelar melalui telekonferensi dari Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (21/4/2020).

Presiden Joko Widodo sekaligus menginstruksikan agar upaya antisipasi kebutuhan bahan pokok di tengah pandemi Covid-19 dan menjelang bulan suci Ramadan ini dijadikan momentum untuk mereformasi kebijakan sektor pangan nasional.

"Dalam situasi Covid-19 ini marilah kita jadikan momentum. Ambil ini sebagai momentum untuk melakukan reformasi besar-besaran dalam kebijakan sektor pangan di negara kita. Jangan kehilangan momentum yang ada," tandasnya.

Kepala Negara meminta pihak-pihak terkait untuk mengawasi rantai pasok dan stok pangan yang ada di pasaran. Selain itu, rantai pasok juga harus dapat menyesuaikan dengan dinamika kebutuhan di masyarakat.

"Pastikan dalam supply chain petani mendapatkan perlindungan yang baik. Hindari praktik-praktik yang tidak sehat dan harus menerapkan prinsip tata kelola yang baik," imbuhnya.(*)



MEDSOS WOWBABEL