Bantuan Kemanusiaan Covid-19 Jangan ‘Ditunggangi’ Dengan Kampanye

Kordiv Pengawasan, Humas, dan Hubal Bawaslu Kabupaten Bangka Barat Ekariva Anas Asmara.(rul/wb)
Kordiv Pengawasan, Humas, dan Hubal Bawaslu Kabupaten Bangka Barat Ekariva Anas Asmara.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Bawaslu Kabupaten Bangka Barat memperingatkan agar seluruh elit politik dan inkumben tidak memanfaatkan momen penundaan Pilkada 2020 ini untuk berkampanye.

Kordiv Pengawasan, Humas, dan Hubal Bawaslu Kabupaten Bangka Barat Ekariva Anas Asmara menyampaikan jika momen wabah Covid-19 ini harus digunakan untuk  membantu masyarakat yang terdampak Covid-19. Namun jangan sampai tujuan memberikan bantuan itu dipolitisir dan dimanfaatkan untuk memperkenalkan Bakal Calon Bupati atau Wakil Bupati Bangka Barat di Pilkada 2020.

Anas menyebutkan momen penundaan Pilkada atau mundurnya tahapan Pilkada 2020 agar tidak menjadi celah untuk mengkampanyekan Bakal Calon.

"Kalau di SE (Surat Edaran—red) penundaan ini kami mengawasi penundaan tahapan dari KPU mulai dari verifikasi pencalonan, pembentukan dan pelantikan PPDP, dan pemutakhiran," ungkap Anas di ruang kerjanya, Rabu (22/4/2020).

Anas mengatakan mengawasi kegiatan kemanusiaan yang dilaksanakan dalam pandemi covid-19 agar mencegah adanya kampanye.

"Kawan-kawan boleh, tidak masalah melakukan kegiatan kemanusiaan membantu masyarakat namun jangan dipolitisir," imbau Anas.

Ditambahkannya siapapun  yang melakukan kegiatan kemanusiaan tidak diperbolehkan dengan memperkenalkan bakal calon.

"Misalkan ini tim ku ini, bagi ya bagi, nyemprot ya nyemprot tapi ketika selesai jangan embel embel ini loh bakal calon," terangnya.

Meskipun memang kata Anas tahapan Pilkada ditunda saat ini hal itu tidak layak untuk dilakukan.

“Kalau di penanganan pelanggaran itu memang tidak bisa dijadikan temuan karena tahapan tertunda semua, jadi kami menerima dalam bentuk laporan," ujarnya.

Anas mengakui jika ada temuan itu harus berupa laporan masyarakat tapi hal itu belum ada sanksi namun diimbau agar jangan sampai terjadi.

"Ngak ada sanksi tapi kami berharap ya kawan-kawan parpol beretikalah ketika melakukan itu ini, kan kegiatan kemanusiaan ya kita lakukan dengan kemanusiaan jangan disisipi karena itu juga menciderai nilai-nilai kemanusiaan" katanya.

Anas meminta pro aktif masyarakat untuk ikut mengontrol hal tersebut dan melaporkan jika ditemukan dengan dasar materil dan formil lengkap.(rul/wb)

 



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL