Gas Subsidi Banyak Dijual Diatas HET

Gas bersubsidi saat dijual di toko biasa. (Fauzi Akbar/Diskominfo Beltim)
Gas bersubsidi saat dijual di toko biasa. (Fauzi Akbar/Diskominfo Beltim)

MANGGAR, www.wowbabel.com - Penjualan harga gas bersubsidi tabung 3 kilogram banyak melampaui Harga Eceran Tertinggi (HET) yang sudah ditetapkan oleh Pemkab Belitung Timur. Bahkan hasil pantauan Diskominfo Beltim khususnya di Kecamatan Manggar, banyak toko biasa yang bukan pangkalan turut menjual dengan harga Rp 22.000.

Kondisi ini membuat gas cepat habis di tingkat pangkalan, akibat dijual ke bukan yang berhak. Sehingga ketika masyarakat yang benar-benar berhak menggunakan jadi lebih susah untuk memperoleh gas bersubsidi.

Warga Desa Padang Kecamatan Manggar, Sulastri (35) mengungkapkan susahnya mendapatkan gas tiga kilogram. Kalau pun dapat, harganya tidak lagi sesuai dengan HET rata-rata di atas Rp 20 ribu.

“Kalau beli di Pangkalan dak pernah dapat pak, tiga pangkalan aku datangin, jadi terpaksa beli di toko. Harganya bisa mencapai Rp 22 ribu per tabung,” ungkap Sulas.

Ibu yang sehari-hari berjualan lauk-pauk ini merasa terbebani dengan harga Rp 22 ribu tersebut. Apalagi usaha warung makannya bisa menggunakan hingga tiga tabung dalam seminggu.  

“Keberatan la pak, kalau dapat harga segitu (Rp 22 ribu), apalagi di tengah Korona ini sepi warung makan kami, merosot penjualan,” sesal Sulastri.    

Rian, pemilik salah satu toko yang menjual tabung gas Rp 22 ribu, mengaku memperoleh tabung gas subsidi 3 kilogram dari pangkalan yang ada di Kecamatan Manggar. Dari pangkalan ia membeli dengan harga Rp 18 ribu per tabung, kemudian dijual kembali ke masyarakat Rp 22 ribu.

“Paling lima tabung cuman dapat dari pangkalan, harganya rata-rata Rp 18 ribu dari pangkalan kecuali Pangkalan yang di Numpang Empat Rp 16 ribu. otomatis kita jual lebih dari itu,” ujar Rian.

Warga Padang itu mengungkapkan selama ini tidak ada masyarakat yang protes dengan harga jual Rp 22 ribu. Karena tabung gasnya selalu laris, bahkan banyak warga yang antri memesan.

“Sepanjang barangnya (tabung gas  3 kilogram) ada, mereka dak keberatan. Ini pun kadang barangnya susah nyari,” ungkap Rian. (FA/DB)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL