Jumlah Pasien Positif Covid-19 di Babel Bertambah

Ketua Pusdalops Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Babel, Mikron Antariksa.(dwi/wb)
Ketua Pusdalops Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Babel, Mikron Antariksa.(dwi/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Pusat Pengendalian dan Operasional (Pusdalops) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melansir dengan bertambahnya pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kota Pangkalpinang maka jumlah pasien positif Covid-19 di Babel bertambah menjadi sembilan orang.

Baca Juga: Setelah Istri, Kini Giliran Sang Suami Dinyatakan Positif Covid-19

Pasien EP (51) laki-laki berstatus orang tanpa gejala (OTG) terpapar Covid-19 dari seorang pasien pertama positif Covid-19, MA (40) yang awalnya terkonfirmasi positif berasalkan Rapid Test dilanjutkan dengan tes Swab PCR.

"Swab pemeriksaan dikirimkan pada 17 April 2020 lalu, dan hasil Swab-nya dinyatakan positif Covid-19," kata Ketua Pusdalops Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Babel, Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Rabu (22/4/2020).

"Saat ini Gugus Tugas Kota Pangkalpinang, sedang mentracking siapa saja yang sempat kontak dengan pasien, sesuai dengan protokolnya," ujarnya.

Pasien saat ini berdasarkan informasi, sudah diisolasi dan dirawat di Gedung Karantina LPMP Babel, agar dapat  disembuhkan tenaga kesehatan.

Pasien EP merupakan cluster terpapar pasien positif Covid-19 sebelumnya, yakni MA yang sebelumnya melakukan perjalanan dari luar daerah.

Berdasarkan data yang ada hingga Rabu (22/4/2020), di Babel  terdata sebanyak 933 orang dalam pemantauan (ODP), 67 pasien dalam pemantauan (PDP) dan 538 orang tanpa gejala (OTG), sedangkan pasien positif terkonfirmasi terdata sembilan orang diantaranya dua sembuh, satu meninggal dan tujuh mendapat perawatan.

"Mengapa di web gugus tugas provinsi belum berubah, sebab untuk pemeriksaan Swab PCR milik EP dikirimkan ke Palembang, sedangkan perubahan secara otomatis jika Swab PCR dikirimkan ke Jakarta, yang memang sudah terkoneksi dengan gugus tugas pusat. Hal ini agar dipahami masyarakat, mengapa hingga sore ini belum ada perubahan di web secara nasional," paparnya.

"Perubahan data di web gugus tugas provinsi masih menunggu data keseluruhan setiap harinya dari kabupaten/ kota, tidak hanya terkonfirmasi positif, namun juga ODP, PDP dan OTG, perubahan di web lokal setiap hari pukul 21.00 WIB," tukas  Mikron.(dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL