Tak Hanya Bagikan Sembako, Erzaldi Juga Edukasi Covid-19 di Sungaiselan

Gubernur Bangka Belitung,  Erzaldi Rosman kembali membagikan sembako untuk keluarga kurang mampu terdampak Covid-19 di Gedung Serba Guna Desa Sungaiselan, Kecamatan Sungaiselan, Bangka Tengah, Rabu (22/4/2020).(ist)
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman kembali membagikan sembako untuk keluarga kurang mampu terdampak Covid-19 di Gedung Serba Guna Desa Sungaiselan, Kecamatan Sungaiselan, Bangka Tengah, Rabu (22/4/2020).(ist)

SUNGAISELAN,www.wowbabel.com – Gubernur Bangka Belitung,  Erzaldi Rosman kembali membagikan sembako untuk keluarga kurang mampu terdampak Covid-19 di Gedung Serba Guna Desa Sungaiselan, Kecamatan Sungaiselan, Bangka Tengah, Rabu (22/4/2020).

Pembagian sembako kali ini diperuntukkan kepada para nelayan, buruh harian, dan para sopir dengan jumlah paket sebanyak 400 paket sembako yang terdiri dari beras lima kilogram,  minyak sayur, dan mie instan.

Program bantuan paket sembako ini diinisiasi oleh Dinas Kehutanan Provinsi Bangka Belitung bekerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Babel, bertujuan untuk meringankan beban warga kurang mampu dampak Covid-19.

Sebelum membagikan sembako secara simbolis, Gubernur Erzaldi Rosman mengedukasi penyebaran Covid-19 dan cara mengatasinya, sehingga warga terhindar dari virus ini.

Erzaldi Rosman mengatakan, ada beberapa langkah yang diterapkan pemprov agar terhindar dari tertularnya Covid-19. Yang pertama, masyarakat harus selalu mencuci tangan, berolahraga, tidak keluar rumah guna menghindari gerombolan massa, selalu menjaga jarak, selalu memakai masker bila keluar rumah.

“Bapak Ibu selalu menjaga jarak, memang inilah yang harus kita lakukan dalam menghadapi virus Corona. Virus ini sangat dahsyat, dan sangat berdampak banyak kepada manusia. Bukan hanya di Indonesia dan Bangka Belitung, tetapi sudah mendunia. Begitu hebatnya virus ini, sudah banyak negara bangkrut dan masyarakatnya menjadi tidak tenang,” jelas Erzaldi Rosman.

Untuk itu, masyarakat harus tau tentang penularan virus ini, supaya musibah ini cepat berakhir, karena dampaknya sangat dahsyat, ekonomi menjadi lemah, dan untuk mengakhirinya semua lapisan masyarakat harus bersatu memerangi Covid-19.

“Bila ada warga yang terserang batuk, flu, segeralah untuk memeriksakan diri ke puskesmas untuk diperiksa lebih lanjut dan dilakukan tes swab. Kita perlu meningkatkan ketahanan tubuh, agar kuat menghadapi virus,” ungkapnya.

Walaupun demikian, orang yang sehat terkena virus tubuhnya kuat, akan tetapi apabila bersentuhan dengan orang yang fisiknya lemah itu sangat berbahaya, karena orang imun lemah tidak kuat terhadap serangan virus, oleh karenanya menjaga jarak itu perlu dilakukan.

Selesai memberikan edukasi Covid-19, Erzaldi Rosman juga membagikan masker, karena masih ada warga yang tidak memiliki masker, dan kegiatan ini mendapat sambutan positif di tengah masyarakat.

Mengakhiri kegiatan edukasi, Erzaldi Rosman menjelaskan pembagian sembako ini merupakan bentuk rasa prihatin pemprov kepada masyarakat yang ekonomi lemah akibat dampak dari Covid-19.

“Semoga sembako ini bermanfaat, apalagi kita akan menyambut Bulan Ramadan, dan kita harus bersabar menghadapi cobaan ini, semoga dibalik musibah ada hikmahnya, kita harus tetap bersyukur, banyak berdoa semoga Covid-19 segera berakhir,” tuturnya.

Salah seorang warga setempat bernama Rahmad menyambut baik atas kebijakan Pemprov Babel dengan membagikan sembako di tengah melemahnya ekonomi masyarakat, akibat dampak Covid-19.

“Kami ne senang ade bagian sembako dari pemprov. Kami ne tengah dak beduit, timah murah, nyarik gawe susah pak, ade sembako kami senang,” tukasnya.(rel/wb)



MEDSOS WOWBABEL