BKPRMI Bangka Sudah Salurkan 250 Paket Sembako

Dwi H Putra    •    Kamis, 23 April 2020 | 11:58 WIB
Lokal
Tim Posko Siaga Covid-19 DPD BKPRMI Kabupaten Bangka membagikan paket sembako kepada warga yang terdampak Covid-19.(ist)
Tim Posko Siaga Covid-19 DPD BKPRMI Kabupaten Bangka membagikan paket sembako kepada warga yang terdampak Covid-19.(ist)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Distribusi sembako bagi warga yang membutuhkan pada masa pandemik Covid-19 terus dilakukan Posko Siaga Covid-19 DPD BKPRMI Kabupaten Bangka.

"Hingga Selasa (21/4/2020) kemarin telah disalurkan 250 paket, hari ini sisanya akan kembali disalurkan kepada penerima yang tersebar di dusun/ lingkungan pada desa/ kelurahan di delapan kecamatan se-Bangka," kata Dirda Lembaga Penguatan dan Pembedayaan Kesehatan Masyarakat DPD BKPRMI Kabupaten Bangka, Fahmi Andika di Sungailiat, Kamis (23/4/2020).

"Bantuan 250 paket itu berupa berupa beras, minyak dan gula. Kita mengerahkan pengurus DPK BKPRMI dan Pemuda Remaja Masjid guna mencapai sasaran yang tepat dan efisiensi penyaluran," ujarnya.

Penerima bantuan telah melalui proses verifikasi, diantaranya dari kalangan warga dengan kategori berpenghasilan tetap, ustad/ ustazah, janda, orang dalam keadaan sakit, penyandang disabilitas dan lainnya.

Bantuan terhadap warga lintas agama ini telah disalurkan sejak 14 April 2020 lalu yang dari DPD BKPRMI Bangka dikoordinir oleh kader muda, Arinda Unigraha.

"Untuk tahap pertama ini kemungkinan besar hari ini final, tapi kalau ada donasi menyusul disalurkan kemudian. Posko di Sekretariat DPD BKPRMI Bangka Jalan Ahmad Yani Sungailiat, tetap buka guna menghimpun donasi," jelas Fahmi.

Pihaknya berterimakasih kepada para donatur dari kalangan ustad/ ustazah, politisi, remaja masjid, pengusaha dan simpatisan yang telah ikut berdonasi. Jumlah donasi diawal penggalangan mencapai Rp 2,4 juta untuk uang tunai dan berupa beras sebanyak 1,2 ton. Disalurkan juga bantuan berupa masker dari donatur sebanyak 200 lebih dalam masa corona ini.

"Alhamdulillah awalnya hanya uang tunai Rp 2,4 juta sekarang Rp 4 jutaan. Beras ada penambahan 100 kilogram, kami bersyukur ada yang mengantar ke posko dan ada yang jemputan, karena kami buka layanan jemputan donasi," paparnya.

Donasi ini sangat bermanfaat bagi warga yang menerima. Sebab, kondisi era corona membuat kesulitan ekonomi yang membutuhkan kepekaan sosial untuk berbagi terhadap sesama.

"Kondisi serba sulit, kami diajarkan agama saling tolong menolong, bantu membantu dan peduli, sehingga bisa melewati masa sulit ini bersama sama. Ada warga yang berkurang pendapatannya Sebagian kerjanya betani musiman, seperti petani cabe yang berharap jelang ramadan dan lebaran harga cabe tinggi, ternyata sekarang harga anjlok," tandasnya.

Sementara, Ketua Umum DPD BKPRMI Kabupaten Bangka, Hari Subari, mengatakan program penggalangan donasi era corona ini untuk menggugah semangat kepedulian para pengurus, simpatisan, kader BKPRMI dan semua pihak dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Kami mengajak masyarakat, khususnya pengurus, simpatisan dan kader BKPRMI Bangka untuk menyisihkan hartanya, saling berbagi kepada masyarakat dan ustadz/ ustadzah TPA yang terdampak ekonomi karena pandemi wabah Covid-19 ini," kata Hari.

"Insya Allah kegiatan ini berkelanjutan sampai kondisinya pulih dan membaik, tentunya dengan dukungan dari masyarakat sebagai donatur," ujarnya.

Bantuan diharapkan bermanfaat, utamanya menjelang datangnya bulan suci ramadan. DPD BKPRMI Bangka juga mengimbau agar seluruh masyarakat mematuhi instruksi yang telah disampaikan oleh pemerintah dan ulama untuk tetap menjaga social distancing, physical distancing, rutin mencuci tangan dan olahraga, serta selalu berdoa agar bencana ini segera berakhir. (dwi/wb)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL