Mana yang Harus Diutamakan Investasi atau Lingkungan Hidup

Heti Rukmana(Pustakawati YPK Air Kenanga Sungailiat).(ist)
Heti Rukmana(Pustakawati YPK Air Kenanga Sungailiat).(ist)

Oleh: Heti Rukmana (Pustakawati YPK Air Kenanga Sungailiat)

 

Indonesia sebagai Negara berkembang saat ini sedang giat melakukan pembangunan secara masif. Hal itu dilakukan sebagai salah satu cara pemerintah dalam melakukan pemerataan infrastruktur yang berimbas pada kesejahteraan masyarakat.

Dengan demikian, dengan adanya pemerataan terhdapan pembangunan dapat mendorong roda perekonomian karena dapat memajukan banyak sektor terutama sektor usaha. Kita harus menyadari bahwa pembangunan yang merata pada setiap daerah sangat diperlukan terutama untuk pertumbuhan sektor Sumber Daya Manusia, Sektor industry dan sektor Usaha. 

Jika kita berbicara mengenai sektor usaha tentu itu tidak terlepas dari yang namanya permodalan. Modal adalah kendala utama setiap pengusaha dalam mengembangkan usahanya. Investasi adalah satu jalan terbaik dan saling menguntungkan bagi investor yang membutuhkan keuntungan dan pengusaha yang membutuhkan suntikan modal. Dan diIndonesia sendiri, investasi menjadi sangat penting untuk melakukan pertumbuhan infrastruktur.

Presiden Indonesia , Jokowidodo sering kali dalam setiap pertemuan dalam kata sambutannya menekankan betapa pentingnya investasi. Presiden juga menegaskan kepada setiap kepala daerah untuk tidak mengeluarkan Perda yang dapat menghambat masuknya investor. Seakan ingin berkomitmen dalam mempermudah investasi diIndonesia, pemerintah saat Ini sedang menggodok Omnibus Law. Namun rencana pemerintah ini dianggap keliru karena dianggap mengesampingkan dampak terhadap lingkungan hidup.

Banyak kritikan dan gelombang protes terhadap peraturan Omnibus Law. Walaupun tujuan dari Omnibus law ini untuk mendorong ekonomi nasional akan tetapi berpotensi meghapus atau meghilangkan pasal-pasal yang menjadi pagar perlindungan untuk lingkungan Hidup. Saat pemerintah gencar dalam mendorong meningkatnya Investasi diIndonesia, lalu dimana letak perhatian dan pengawasan terhadap lingkungan hidup ? Ini menjadi sangat penting, karena jika berbicara terhadap pertumbuhan ekonomi, investasi beserta elemen-elemennya maka yang merasakan dampak nya adalah manusia dan lingkungan.



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL