Gandeng BI dan BPS, Stisipol P12 Bedah Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Babel

Konferensi Regional BI dan BPS yang diinisiasi oleh Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat. (Ist)
Konferensi Regional BI dan BPS yang diinisiasi oleh Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat. (Ist)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com - STISIPOL P12 Bangka Belitung bekerjasama dengan Bappeda Kabupaten Bangka kembali menyelenggarakan konferensi regional daring dengan tema “Pengaruh Covid 19 terhadap perekonomian di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tanggal 6 Mei 2020.

Hadir sebagai pembicara pada acara tersebut Kepala Bank Indonesia Wilayah Bangka Belitung Tantan Heroika Sukmadrajad dan Kabid Neraca Wilayah dan Analisis Statistik BPS Provinsi Bangka Belitung, Oktarizal. Acara ini dimoderatori oleh Bambang Ari Satria, Dosen STISIPOL P12.

Ketua STISIPOL P12, Darol Arkum, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kontribusi STISIPOL P12 untuk memberikan  manfaat bagi pemerintah dan masyarakat untuk menghadapi Virus Corona (Covid 19) yang berdampak terhadap perekonomian daerah.

"Hasil diskusi ini diharapkan dapat menjadi bahan bagi pemerintah daerah dalam merumuskan kebijakan yang tepat berbasis pada data yang akurat dalam merespon dampak dan mempercepat pemulihan ekonomi ke depan," ungkap Darol.

Dampak virus Corona (Covid 19) pada perekonomian di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sangat signifikan. Pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada triwulan I 2020 hanya tumbuh 1,35 persen. Angka ini lebih rendah dibandingkan dengan triwulan yang sama tahun 2019 yang tumbuh sebesar 2,81 persen.

Penurunan ini disebabkan karena beberapa sektor strategis mengalami kontraksi yakni Industri Pengolahan (-2,86 persen) serta Pertambangan dan Penggalian (-7,91 persen). Beberapa sektor mengalami pertumbuhan tertinggi yaitu sektor Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial (15,38 persen), Informasi dan Komunikasi(13,98 persen), Pengadaan Air (13,00 persen).

Tingginya pertumbuhan sektor ini cukup berpengaruh terhadap pencapaian perekonomian di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada quartal ini.



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL