Dokter Hendra Tidak Menyarankan Relawan Ikut Tangani Covid-19

Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Dalam menghadapi wabah pandemi covid-19 di Kabupaten Bangka Barat, sejumlah relawan banyak bermunculan untuk membantu tim gugus dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Baik relawan yang perannya mengumpulkan donasi masker dan sembako serta relawan yang membantu melakukan penyemprotan disinfektan di rumah yang berpotensi penularan seperti rumah ODP bahkan sampai melakukan penyemprotan di titik masuk penyebaran Covid-19, yakni Pelabuhan Tanjungkalian Muntok.

Jubir Covid-19 Kabupaten Bangka Barat, dr Hendra tidak menyarankan adanya para relawan yang melakukan aksi penyemprotan yang justru dapat membahayakan relawan itu sendiri.

"Relawan sebenarnya saya pribadi tidak menyarankan kalau memang, kemarin press con pertamanya juga ada yang menanyakan sama saya untuk memakai tenaga dari desa untuk ambulan waktu saya sampaikan saya tidak menyarankan," tutur dr Hendra, Rabu (07/05/2020).

dr Hendra menerangkan tenaga relawan ini dinilai tidak dibekali wawasan yang cukup untuk menghadapi Covid-19 ini.

"Karena tenaga relawan ini tidak mengerti tentang perjalanan penyakit, patofisiologi pencegahan penyakit. Sehingga saya khawatir malah jadi bumerang artinya yang tidak mengerti malah ketular," tukas Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC) Kabupaten Bangka Barat dalam rapat di OR II Pemkab Bangka Barat.(rul/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL